Tanpa dikukus dan diaduk, begini trik cepat menanak nasi hanya dalam 12 menit agar hemat gas

Tanpa dikukus dan diaduk, begini trik cepat menanak nasi hanya dalam 12 menit agar hemat gas
YouTube/Dapur Ndeso Umi Muna

Brilio.net - Menanak nasi dengan rice cooker jadi hal yang lumrah di zaman modern seperti ini. Bagaimana tidak, menanak nasi di rice cooker memang sangat praktis dan cepat. Selain itu, nasi juga bisa matang sempurna kalau pakai alat elektronik tersebut.

Meskipun begitu, masih banyak orang justru memilih menanak nasi secara manual, yakni di atas kompor. Nggak cuma hemat listrik, menanak nasi di kompor yang notabene masih tradisional dipercaya bisa membuat nasi lebih enak, lho. Namun kamu harus tahu cara menanak nasi yang benar supaya bisa matang sempurna.

Di balik rasanya yang lezat, ada proses yang terbilang cukup rumit. Menanak nasi di kompor perlu dilakukan dengan beberapa tahapan. Pertama, beras harus direbus sambil diaduk. Setelah setengah matang, beras dipindah ke panci kukusan untuk kemudian dimasak sampai matang dan pulen.

Bagi sebagian orang, cara ini cenderung memang ribet. Selain repot memindahkan beras ke panci kukusan, cara masak ini juga cenderung boros gas. Dari merebus hingga mengukus bisa butuh waktu lebih dari 45 menit agar beras benar-benar matang.

Padahal tahu nggak, sih, sebenarnya ada sebuah trik cepat untuk menanak nasi di kompor, lho. Seorang warganet bernama Dapur Ndeso Umi Muna pernah membagikan trik tersebut melalui sebuah unggahan berjudul 'Cara Masak Nasi di Kompor tanpa diaduk & Irit Gas'.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya