Tanpa direbus dan direndam air panas, ini trik mudah melembutkan soun

Tanpa direbus dan direndam air panas, ini trik mudah melembutkan soun
foto: YouTube/Auliandi Family

Brilio.net - Lantaran tampilannya yang hampir mirip, banyak orang mengira bihun dan soun merupakan jenis mi yang sama. Padahal keduanya terbuat dari bahan dasar yang berbeda. Bihun sendiri terbuat dari tepung beras, sedangkan soun terbuat dari pati kacang hijau. Perbedaan tersebut yang membuat tekstur dari kedua jenis mi ini juga memiliki ciri khas masing-masing.

Tekstur soun sendiri cenderung lebih lentur, tebal, dan kuat jika dibanding dengan bihun. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih untuk mengolah soun menjadi aneka macam hidangan yang menggugah selera. Tak cuma dijadikan campuran soto, soun juga bisa diolah menjadi soun goreng, tumis soun cabai, sup oyong soun, dan menu lainnya. Sebelum diolah menjadi berbagai hidangan, soun biasanya harus diolah terlebih dahulu.

Pasalnya, soun yang dijual di pasaran berbentuk kering dan belum bisa diolah menjadi masakan. Kebanyakan orang memilih untuk merebus soun terlebih dahulu agar teksturnya lebih lembut. Namun, tak jarang soun yang sudah direbus, teksturnya malah terlalu lembek dan mudah hancur saat diolah. Dengan begitu tampilan dari olahan soun pun menjadi tidak menarik lagi.

Usut punya usut, ternyata ada cara yang yang lebih praktis untuk melembutkan soun, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Auliandi Family membagikan tutorial melunakkan soun tanpa direbus dengan cepat dan mudah. Meskipun tanpa direbus, namun soun yang dihasilkan tetap memiliki tekstur bagus dan antilembek.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya