Tanpa direndam air, ini cara membersihkan kerak tungku kompor gas

Tanpa direndam air, ini cara membersihkan kerak tungku kompor gas
foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Brilio.net - Tungku pada kompor gas pada umumnya berfungsi sebagai penopang panci atau wajan. Meskipun cukup kuat dan kokoh, namun tungku kompor gas ini justru jadi bagian kompor yang paling rentan kotor. Kotoran ini biasanya berasal dari percikan sisa makanan atau minyak dari proses memasak.

Sebagian orang tampaknya memang kerap abai dengan kebersihan tungku kompor. Sehingga tungku kompor gas dibiarkan begitu saja. Padahal jika semakin lama dibiarkan, kotoran pada tungku kompor bisa berubah jadi kerak. Jika sudah begitu, tentu akan sulit sekali membersihkannya.

Lantas perlu cara khusus untuk membasmi kerak tersebut. Salah satunya dengan cara merendam tungku kompor. Proses ini memang diketahui dapat membuat kerak jadi lebih lunak, sehingga mudah disikat nantinya. Namun proses perendaman ini juga bisa berlangsung cukup lama. Terlebih jika kerak sudah sangat keras dan banyak.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan kerak di tungku kompor tanpa perlu merendamnya. Cara ini pernah dibagikan oleh seorang pengguna YouTube bernama BISNIS IBU RUMAH TANGGA.

Mulanya pengguna YouTube tersebut menampilkan tungku kompor miliknya. Tampak tungku kompor memiliki kerak yang cukup tebal dan keras.

Tanpa direndam air, ini cara membersihkan kerak tungku kompor gas

foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

"Ini tungku kompor gas yang udah kotor banget, ya. Jadi selain karatan juga berminyak. Jadi keraknya udah keras banget karena udah lama nggak dibersihin," papar pemilik akun, seperti dilansir BrilioFood dari YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA, Jumat (20/1).

(brl/tin)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA