Tanpa kulkas, ini cara mudah menjaga es batu agar tidak cepat mencair

Tanpa kulkas, ini cara mudah menjaga es batu agar tidak cepat mencair
TikTok/@hasanfagundez

Brilio.net - Selain dijadikan campuran minuman, es batu kerap dimanfaatkan untuk menjaga makanan dan minuman tetap dalam suhu dingin. Saat berkegiatan di luar rumah, banyak orang menyimpan makanan atau minuman dalam box container yang telah dicampur dengan es batu. Mulai dari minuman kaleng, es krim, hingga ikan mentah agar tetap segar.

Penggunaan es batu juga dapat membuat makanan maupun minuman bisa tetap dalam kondisi baik dan awet lebih lama, walau di luar kulkas.

Fungsi lain dari penggunaan es batu adalah bisa berguna untuk properti saat memotret makanan dan minuman segar. Para fotografer andal menggunakan proporsi semacam ini untuk membuat produk fotonya tentu semakin menarik. Sehingga tak heran jika es baru kerap kali diandalkan karena memiliki banyak fungsi.

Sayangnya suhu panas atau terik matahari yang menyengat dapat membuat es batu meleleh dengan cepat jika tidak di dalam mesin pendingin. Sehingga es pun mudah mencair dan berubah menjadi kubangan air dalam box container atau wadah lain. Dan bahkan bisa membuat makanan jadi basah kuyup.

Lantas, bagaimana cara menjaga supaya es batu tetap beku dan tidak mudah mencair walaupun tidak dimasukkan kulkas? Ternyata ada trik khusus yang simpel dan mudah ditiru siapa saja. Dilansir BrilioFood dari TikTok/@hasanfagundez padaRabu (7/9), ternyata hanya butuh satu bahan saja, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya