Tanpa metode siram, ini trik praktis menanak nasi ala rumah makan Padang agar hemat gas dan pulen

Tanpa metode siram, ini trik praktis menanak nasi ala rumah makan Padang agar hemat gas dan pulen
foto: YouTube/Resep Uni Indri

Brilio.net - Variasi makanan yang bisa disantap sehari-hari memang beragam. Namun, bagi kebanyakan orang, terkadang rasanya seperti belum makan kalau belum menyantap nasi. Nasi sendiri dikenal sebagai sumber karbohidrat yang efektif bikin perut kenyang. Selain itu, dilansir dari chhs.colostate.edu, karbohidrat pada nasi juga berguna untuk menambah energi pada tubuh buat beraktivitas.

Meski berasal dari beras yang sama, terkadang cara masak nasi mempengaruhi teksturnya, lho. Sehingga, ada nasi-nasi tertentu yang dianggap lebih lezat, salah satunya nasi di rumah makan Padang. Tekstur pulen yang pas layaknya nasi di rumah makan Padang memang bisa bikin selera makan meningkat seketika, lho.

Rupanya, ada teknik memasak tertentu yang bisa dipraktikkan untuk membuat nasi ala rumah makan Padang ini. Salah satunya, dengan memasaknya di panci atau dandang kukus. Di tengah proses menanak nasi, seringkali harus pakai metode siram pula menggunakan air panas. Tetapi, rupanya ada trik memasak lain yang lebih praktis tanpa metode siram, lho.

Trik ini sempat dibagikan oleh warganet bernama Indri. Ia mengaku sering memasak nasi seperti ini lantaran pernah menjalankan bisnis rumah makan Padang selama 11 tahun lamanya. Hingga sekarang, ia masih tetap menerapkan cara menanak nasi seperti ini meski hanya memasaknya untuk keluarga di rumah.

"Nasinya enak banget, bikin nafsu makan kita jadi nambah. Ini bener-bener mirip sama restoran Padang yang selama ini kita pengen tahu rahasianya apa sih kok nasinya enak banget. Nah, ini adalah cara termudah tanpa adanya siram-siram ya teman-teman," kata Indri dikutip BrilioFood dari YouTube Resep Uni Indri, Kamis (2/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya