Tanpa pakai beras khusus, ini cara masak nasi pulen ala HokBen

Tanpa pakai beras khusus, ini cara masak nasi pulen ala HokBen
foto: TikTok/@ajikusumahrd

Brilio.net - Selera orang-orang soal nasi bisa beda satu sama lain. Ada yang lebih suka nasi dengan tekstur keras atau dikenal pula dengan nama nasi pera, lembek, pulen, dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong soal nasi pulen, kebanyakan orang senang dengan tekstur nasi yang sering disajikan di restoran Jepang ini.

Salah satu restoran cepat saji terkenal di Indonesia yang terkenal dengan nasi pulennya adalah HokBen. Umumnya, nasi di restoran Jepang seperti HokBen memang menggunakan beras khusus. Dilansir dari sushisushi.co.uk, beras Jepang ini dikenal pula dengan nama Japonica, Uruchi-rice, atau Sushi Rice.

Sudah banyak dijual di pasaran, kamu pun bisa masak beras khas Jepang yang pulen ala restoran di rumah. Dilansir dari liputan6.com, beras Jepang ini sudah tak lagi diimpor dari luar sejak 2019 lalu. Para petani Indonesia sudah banyak yang menanamnya sendiri.

Meski begitu, harga beras Jepang dan beras biasa sudah pasti berbeda. Beras Jepang diketahui memiliki harganya yang lebih tinggi dibanding beras biasa. Tapi tak perlu khawatir, ternyata beras biasa juga bisa dimasak jadi pulen layaknya nasi di HokBen dan restoran Jepang lainnya.

Kamu bisa meniru trik yang dibagikan salah satu konten kreator TikTok bernama Aji. Kreator TikTok yang menyebut dirinya sebagai CEO of Magic Com tersebut membagikan triknya dalam membuat nasi pulen khas Jepang. Alih-alih menggunakan beras Jepang, ia justru menggunakan bubuk agar-agar yang dicampur dengan beras.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya