Tanpa presto, ini trik merebus kikil sapi agar cepat empuk dan hemat gas

Tanpa presto, ini trik merebus kikil sapi agar cepat empuk dan hemat gas
foto: YouTube/Heru Sutrisno Channel

Brilio.net - Kikil sapi merupakan daging sapi yang berada di bagian kaki. Bagian daging sapi ini kerap dijadikan sebagai bahan dasar dalam berbagai macam menu. Mulai dari sop kaki sapi, mi kocok Bandung, aneka tumisan, hingga masakan pedas. Teksturnya yang kenyal membuat olahan kikil jadi favorit banyak orang.

Namun sebelum diolah dengan bumbu-bumbu, kikil sapi ini perlu direbus terlebih dahulu. Proses ini bertujuan untuk membuat tekstur kikil semakin empuk dan bisa disantap. Selain itu, proses perebusan kikil juga dapat membantu mengurangi baunya yang tak sedap.

Saat mentah, tekstur kikil memang sangat keras. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang memilih merebusnya dengan panci presto khusus. Bukan tanpa alasan, panci presto memang sangat efektif mengempukkan bahan makanan dengan lebih cepat dan hemat gas.

Tapi jika kamu tidak memiliki presto di rumah, ada alat lain yang bisa digunakan, lho. Kamu bisa memanfaatkan panci biasa untuk merebus kikil. Tak perlu khawatir, ada sebuah trik yang bisa diterapkan untuk membuat kikil cepat empuk walau direbus dengan panci biasa sehingga bisa hemat gas dan waktu memasak.

Trik merebus kikil ini dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Heru Sutrisno. Dalam salah satu unggahannya di YouTube Heru Sutrisno Channel, dia membeberkan sebuah trik ampuh yang biasa dilakukan untuk mengempukkan kikil sapi. Sebelumnya, dia mengaku pernah mencoba cara mengempukkan kikil menggunakan berbagai macam bahan dari soda kue hingga daun jambu.

"Ada banyak cara untuk membuat kulit serta kikil menjadi lebih cepat empuk ketika direbus tanpa harus menggunakan presto. Bisa menggunakan soda kue, bisa juga menggunakan nanas, bisa juga menggunakan daun pepaya, bisa juga menggunakan daun jambu, semua itu saya sudah pernah mencobanya. Tapi hasilnya kurang maksimal," tutur YouTube Heru Sutrisno Channel dikutip BrilioFood pada Senin (9/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya