Tanpa rice cooker, ini trik memasak nasi porsi sedikit buat anak kos

Tanpa rice cooker, ini trik memasak nasi porsi sedikit buat anak kos
TikTok/@rotiitawar

Brilio.net - Hidup sebagai anak kos terkadang malas beli makan di luar. Mau nggak mau kamu perlu memasak sendiri supaya lebih hemat juga, sih. Tak perlu banyak porsinya kalau memang cuma dimakan sendiri. Ketimbang tidak habis lalu dibuang, kan sia-sia banget?

Mending masak nasi serta lauk porsi kecil saja. Tidak melulu pakai rice cooker, lho. Bahkan sebagian orang jsutru enggan memasak nasi di rice cooker jika hanya untuk sekali makan saja.

Suhu panas rice cooker bisa membuat nasi jadi mudah kering. Niat mau hemat beras, eh malah nasinya nggak bisa dimakan kalau kering dan menempel pada rice cooker. Tidak hanya itu, mencuci rice cooker yang penuh dengan nasi kering kadang menyebalkan dan bikin ribet.

Tenang, kamu bisa mencoba cara memasak nasi porsi sedikit tanpa rice cooker. Sebuah video yang dibagikan oleh akun TikTok @rotiitawar memerlihatkan caranya. Kendati tanpa rice cooker, hasil nasi tetap bisa matang sempurna dan pulen.

Tanpa rice cooker, ini trik memasak nasi porsi sedikit buat anak kos

foto: TikTok/@rotiitawar

Di sini, dia menunjukkan cara memasak nasi menggunakan mangkuk stainless dan panci listrik portable. Untuk takarannya menggunakan sekitar empat sendok makan beras yang dituang ke mangkuk. Setelah itu, bersihkan beras yang akan dimasak. Lalu tambahkan air dengan takaran secukupnya seperti memasak beras pada umumnya.

Setelah itu, tuang air cukup banyak ke dalam panci. Masukkan mangkuk berisi beras di atasnya. Pastikan mangkuk tidak tenggelam dalam air, ya. Kemudian tutup panci lalu tunggu kurang lebih 30 menit. Waktu memasak nasi ini fleksibel tergantung tingkat kematangan yang diinginkan.

"Kurang lebih 30 menit kak sambil dicek gitu dah mateng apa belom soalnya ngga otomatis kaya ricecooker," tulis pemilik akun dikutipBrilioFood dari TikTok/@rotiitawar pada Kamis (30/6).

Tanpa rice cooker, ini trik memasak nasi porsi sedikit buat anak kos

foto: TikTok/@rotiitawar

Video yang telah ditonton lebih dari dua juta kali ini pun turut menarik perhatian warganet. Tak sedikit penghuni TikTok merasa memiliki nasib serupa ketika ingin memasak nasi namun dengan porsi yang cenderung sedikit.

"thanks for the tips!!! (terimakasih untuk tipsnya) aku punya panci elektrik ini tp kalo buat masak nasi mager nyuciii krn ribet bgt," komentar akun TikTok/@sinnerian.

"sama banget, kalo di magiccom masak dikit sisanya malah ngerak," kata akun TikTok/@gepinkew.

"Makasi ya nin life hacksnya," ungkap akun TikTok/@cabinaaaau.

"makasih idenyaaa minggu depan gue udh fiks ngekos untung lewat sblm gue ngekos wkwk," tulis akun TikTok/@onlyexol69.

"makasi tips nya berguna bnget kadang masak nasi dikit yg ada lengket semua," ujar akun TikTok/@laparatomi.

"klo pake kompor biasa,bisa juga ga ya?," tanya akun TikTok/@vienvr.

Panci elektrik tersebut pada dasarnya juga bisa diganti dengan kompor atau panci biasa, lho.

"pake kompor biasa, pake panci biasa..terus prosesnya sama..tp hrs sering2 cek ya.. takut airnya abis. kalo timer tgt besar api sbnrnya plg gampang pake kukusan. spt kl bikin nasi tim", jelas akun TikTok/@ada_adara.

@rotiitawar Tips hemat ala anak kost daripada ngga habis ya kaan #kosthacks #masaknasisimpel - Various Artists

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA