Tanpa seasoning, ini cara mudah mencegah wajan lengket saat dipakai menggoreng makanan

Tanpa seasoning, ini cara mudah mencegah wajan lengket saat dipakai menggoreng makanan
foto: YouTube/Zaini malik 1A

Brilio.net - Menggoreng bahan makanan dengan wajan biasa memang terkadang menyebalkan. Bagaimana tidak, beberapa bahan makanan seperti ikan, ayam, atau bahkan tahu bisa dengan mudah menempel di permukaan wajan saat digoreng. Sisa makanan yang menempel ini tidak hanya bikin kotor minyak, namun juga membuat proses menggoreng selanjutnya semakin sulit.

Ada banyak penyebab dari wajan yang lengket ini. Mulai dari kurang memperhatikan suhu, masih ada sisa makanan dari proses penggorengan sebelumnya, atau bisa juga karena bahan makanan terlalu sering dibolak-balik saat digoreng.

Untuk mencegah hal tersebut, biasanya sebagian orang akan melakukan seasoning pada wajan. Dilansir dari lodgecastiron.com, seasoning adalah sebuah proses pelapisan minyak pada permukaan wajan. Pelapisan ini tidak hanya membuat wajan jadi antilengket, namun juga membantu wajan tidak mudah berkarat.

Seperti yang disebutkan, seasoning sendiri dilakukan dengan melapisi permukaan wajan menggunakan minyak. Namun proses ini tidak hanya sekali, perlu 2-3 kali proses pelapisan minyak supaya permukaannya benar-benar antilengket. Bagi sebagian orang, seasoning ini terbilang ribet, sehingga tidak sedikit yang malas melakukannya.

Padahal tahu nggak sih? Pada dasarnya ada cara yang lebih simpel untuk mencegah wajan jadi lengket saat digunakan menggoreng. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Zaini malik 1A.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya