Tanpa sitrun, begini cara membersihkan noda kusam yang membandel di bagian luar rice cooker

Tanpa sitrun, begini cara membersihkan noda kusam yang membandel di bagian luar rice cooker
foto: YouTube/Cooking studio by jui

Brilio.net - Masyarakat Indonesia banyak yang mengandalkan rice cooker untuk menanak nasi. Perabot satu ini memang bisa membantu menanak nasi dengan lebih cepat dan praktis. Kamu tak perlu mengukus, mengaduk, atau mengubah berasnya jadi aron dulu untuk mendapat nasi yang matang sempurna. Dengan rice cooker, beras yang keras bisa pulen sempurna hanya dengan satu tombol saja.

Tapi karena sering digunakan, rice cooker jadi rentan kotor, lho. Sayangnya, umumnya komponen yang dibersihkan hanya pancinya saja. Bukan tanpa alasan, panci rice cooker digunakan sebagai wadah nasi sehingga harus selalu dibersihkan saat hendak digunakan lagi.

Padahal di sisi lain, bagian luar rice cooker juga mudah sekali kotor, lho. Mulai dari debu dan kotoran bisa dengan mudah menempel di rice cooker. Ketika debu dan kotoran ini tidak dibersihkan secara berkala, maka kotorannya jadi membandel dan lebih sulit dibersihkan. Hal ini tentu berdampak pada tampilan rice cooker yang jadi tampak kusam.

Karena nodanya terlanjur menempel, sabun cuci piring saja tidak bisa membantu melunturkan noda tersebut. Sejumlah orang lantas memutar otak untuk membersihkan bagian luar rice cooker tersebut. Salah satunya ada yang menggunakan sitrun (citric acid). Bahan satu ini kerap digunakan untuk membersihkan noda membandel, termasuk di rice cooker, karena memiliki kandungan asam tinggi.

Walau ampuh, namun sitrun ini cukup sulit didapat, lho. Tidak semua toko ataupun supermarket menjual bahan satu ini. Oleh sebab itu, banyak orang memilih menggunakan alternatif bahan lain sebagai pengganti sitrun.

Nah, untuk membersihkan bagian luar rice cooker, kamu tidak melulu harus mengandalkan sitrun, lho. Ada bahan lain yang lebih mudah didapat. Seorang pengguna YouTube Cooking studio by jui pernah membagikan bahan-bahan sederhana tersebut.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya