Telur ayam dan bebek, mana yang lebih bernutrisi?

Telur ayam dan bebek, mana yang lebih bernutrisi?
Instagram/@ferncreekwoods ; Instagram/@lmedarova

Brilio.net - Telur kaya akan nutrisi contohnya kandungan protein yang baik untuk kesehatan. Setidaknya ada sekitar enam jenis telur yang bisa dikonsumsi manusia. Namun demikian, dua jenis telur yakni ayam dan bebek yang paling sering dikonsumsi.

Telur ayam dan bebek, mana yang lebih bernutrisi?

foto: Instagram/@grapecreekfarm

Sering diolah jadi berbagai macam hidangan, membuat orang lantas menilai keduanya sama. Jika dilihat sekilas, telur ayam dan bebek memiliki cangkang yang berbeda.

Telur ayam memiliki cangkang warna cokelat kemerahan. Sementara telur bebek cangkangnya berwarna biru muda atau sedikit kehijauan. Ukurannya pun juga berbeda, telur ayam cenderung lebih kecil daripada telur bebek. Karena umumnya ukuran tubuh seekor ayam lebih kecil dibanding bebek.

Sementara itu, warna kuning telur pada telur ayam dan bebek pun berbeda. Jika kuning telur ayam memiliki warna kuning yang lebih muda, telur bebek punya warna kuning telur cenderung lebih gelap dan biasanya berwarna jingga kemerahan. Walaupun berbeda, namun rasa kedua telur ini lumayan mirip.

Telur ayam dan bebek, mana yang lebih bernutrisi?

foto: Instagram/@ferncreekwoods

Dilansir brilio.net dari healthline.com pada Rabu (28/4), keduanya punya tingkatan nutrisi berbeda. Walaupun keduanya sama-sama kaya akan vitamin dan mineral, namun telur bebek cenderung memiliki nutrisi lebih tinggi dibanding telur ayam.

Melalui salah satu artikel yang dipublikasi oleh U.S. Department of Health and Human Services, disebutkan jika telur bebek lebih tinggi akan kandungan folat, zat besi, dan vitamin B12. Vitamin B12 ini dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan DNA dan regenerasi sel darah merah.

Telur ayam dan bebek, mana yang lebih bernutrisi?

foto: Instagram/@lmedarova

Masih bingung mana yang lebih baik untuk dikonsumsi? Kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal, misalnya apakah kamu memiliki alergi pada kedua atau salah satu dari telur ini?

Kemudian, melalui rasanya, kamu dapat mencoba keduanya untuk memilih mana rasa telur yang lebih kamu suka. Dan yang terakhir, dari segi harga, telur bebek biasanya lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam.

Nah, tetapi semuanya kembali lagi ke diri kamu sendiri, ingin memilih yang mana. Karena baik telur ayam maupun telur bebek, keduanya sama-sama sumber protein tubuh.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya