Tetap asin dan lebih sehat, begini trik mengurangi garam pada masakan

Tetap asin dan lebih sehat, begini trik mengurangi garam pada masakan
TikTok/@naktekpang

Brilio.net - Makanan yang dimasak tanpa garam memang cenderung kurang enak karena terasa hambar. Garam sendiri dapat membuat sebuah masakan memiliki rasa asin yang nikmat. Sayangnya, para penikmat asin justru kerap menambahkan lebih banyak garam ke dalam masakannya.

Pasalnya, menggunakan garam berlebih justru dapat membahayakan tubuh. World Health Organization (WHO) sendiri menganjurkan untuk membatasi konsumsi garam (sodium) sebanyak 5 gram, sekitar 1 sendok teh per hari. Jika melebihi batas, bukan tidak mungkin malah menimbulkan efek tertentu pada tubuh.

Melansir dari laman resmi kemenkes.go.id, konsumsi terlalu banyak garam bisa menyebabkan gangguan ginjal, perut kembung, sakit kepala, otot kejang, hingga adanya pembengkakan pada bagian tubuh. Oleh karena itu, mengurangi asupan garam menjadi pilihan terbaik agar makanan yang dikonsumsi tetap sehat.

Namun hal ini tentu bukan perkara mudah. Terlebih jika kamu memang suka sekali dengan makanan asin. Rasanya kurang puas jika tidak asin. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan untuk mengurangi porsi garam tanpa menyurutkan rasa asin masakan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya