Trik ampuh bikin adonan roti mengembang sempurna, mudah ditiru

Trik ampuh bikin adonan roti mengembang sempurna, mudah ditiru
TikTok/@haimeals

Brilio.net - Membuat roti bisa jadi kegiatan untuk mengisi waktu luang. Usut punya usut, penelitian dari National Institute on Aging, dilansir dari thekensingtonwhiteplains.com, punya hobi membuat roti maupun kue bisa meningkatkan kesehatan otak dan mental, lho.

Namun bagi kamu terutama pemula, terkadang ada saja masalah muncul yang membuat kamu malah gagal membuat roti atau kue. Misalnya, warnanya terlalu pucat, gosong, ukurannya kebesaran, tekstur roti kasar, adonan roti tidak mengembang, dan lain sebagainya.

Salah satu kegagalan yang sering dialami adalah adonan roti yang tidak mengembang sempurna. Banyak faktor yang bisa menyebabkan roti tak mengembang, nih. Makanya, penting untuk mengikuti takaran bahan yang sesuai dengan resep. Selain itu, cara mengaplikasikan ragi ke adonan juga perlu diperhatikan.

Ragi merupakan komponen penting untuk membantu mengembangkan roti. Dilansir dari thekitchnn.com, ragi dapat melepaskan karbon dioksida pada adonan roti. Tak hanya ketika proses resting (didiamkan), tapi ragi juga bekerja saat roti dipanaskan, sehingga roti bergerak naik sewaktu dipanggang.

Salah seorang pengguna TikTok/@haimeals sempat membagikan sebuah video trik agar adonan roti dapat mengembang. Menurutnya, penting untuk menggunakan ragi yang masih hidup atau baru. Dilansir dari farmfreshforlife.com, ragi yang masih hidup ditandai dengan munculnya perubahan bentuk saat direndam air.

"Pastiin ragi yang akan kalian pake itu ragi yang masih hidup, kalau bisa pake ragi baru, ya," jelasnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@haimeals pada Rabu (31/8).

Pertama-tama, ragi harus ditimbang terlebih dahulu menyesuaikan resep roti yang akan dibuat. Kemudian, campurkan ragi dengan sedikit air dan diaduk sampai rata. Jika biasanya ragi langsung dicampur dengan adonan, tetapi menurut TikTok/@haimeals lebih baik mencampurkan ragi saat adonan sudah dibentuk.

Trik ampuh bikin adonan roti mengembang sempurna, mudah ditiru

foto: TikTok/@haimeals

Di dalam wadah yang telah berisi adonan, taruh ragi di atasnya. Kemudian, uleni adonan sampai benar-benar merata dengan ragi. Cukup diuleni pakai tangan. Nah, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering biar tidak merusak adonannya, ya.

Trik ampuh bikin adonan roti mengembang sempurna, mudah ditiru

foto: TikTok/@haimeals

Setelah itu, adonan diletakkan kembali ke dalam wadah dan harus ditutup. Adonan bisa ditutup pakai plastik wrap maupun kain serbet. Dilanjutkan dengan resting adonan, bisa selama 30 menit maupun menyesuaikan resep. Hasilnya dijamin adonan mengembang selama ragi yang dipakai masih baru, lho.

Trik ampuh bikin adonan roti mengembang sempurna, mudah ditiru

foto: TikTok/@haimeals

Video di TikTok/@haimeals ini rupanya menginspirasi banyak warganet yang sering gagal membuat roti mengembang, nih. Selain mendapat ribuan likes dari warga TikTok lainnya, kolom komentarnya juga jadi ramai.

"Waa terima kasih tipsnya ! ," ungkap TikTok/@Sweetersid.

"kenapa baru nemu thanks kak ," ujar TikTok/@dwi fitri b.

"pernah ngalamin ngadon ga ngembang sama caraku jg begitu tinggal tunggu lg deh," jelas TikTok/@kholifah.

"Aku pernah baking lupa kasih ragi. Alhasil gak ngembang. Tp langsung aku kasih ragi. Aku uleni. Ngembang deh," papar TikTok/@rotistorykata.

"Pas naro garem sama ragi jangan dicampur sebelum diulen yaa (maksudnya jangan dalam wadah yg sama). Karena bisa matiin si raginya. Cmiiw," imbuh TikTok/@404tasty.

@haimeals

biasanya kalo kaya gini karna raginya sudah tidak aktif jadi harus diganti ragi baru, next tips apa lagi ya?

Oh, Pretty Woman - Pomplamoose

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya