Trik ampuh cairkan daging beku dalam 10 menit, tak perlu direndam air

Trik ampuh cairkan daging beku dalam 10 menit, tak perlu direndam air
foto: TikTok/@periwinkleiph

Brilio.net - Freezer biasanya memang digunakan sebagai tempat penyimpanan yang lebih tahan lama dibandingkan chiller. Berbagai macam jenis bahan makanan bisa lebih awet dan tidak mudah busuk ketika disimpan dalam freezer. Salah satu bahan makanan yang kerap disimpan dalam freezer adalah daging.

Mengingat stok daging yang melimpah setelah perayaan Idul Adha beberapa waktu lalu, sebagian besar orang pasti menyimpan daging di dalam freezer untuk kemudian diolah kapan saja jika diinginkan. Daging yang disimpan dalam freezer ini bisa awet hingga berbulan-bulan karena membeku.

Sayangnya, daging yang sudah membeku cenderung membutuhkan waktu cukup lama ketika hendak diolah. Daging beku harus dicairkan terlebih dahulu supaya lebih mudah dimasak menjadi hidangan yang lezat.

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan mencairkan daging dengan cara direndam dalam air karena cenderung tak sabar atau terburu-buru. Padahal, merendam daging dalam air dapat membuat nutrisi protein hewani jadi terganggu.

Proses pencairan atau yang biasa disebut frosting ini memang tidak boleh sembarangan. Karena jika cara yang digunakan tidak tepat, maka proses frosting tersebut tidak hanya mengganggu nutrisi, namun juga menumbuhkan bakteri dan jamur pada bagian dagingnya. Sehingga tentu akan berbahaya jika dikonsumsi nantinya.

Trik ampuh cairkan daging beku dalam 10 menit, tak perlu direndam air

foto: TikTok/@periwinkleiph

Sebuah video TikTok yang diunggah akun @periwinkleiph, memaparkan metode frosting daging yang benar tanpa direndam. Tanpa menggunakan alat khusus, proses mencairkan daging beku ini juga dapat membuat daging tetap higienis dan aman dikonsumsi.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (20/7), pemilik video TikTok/@periwinkleiph menggunakan plastik klip untuk membungkus daging. Masukkan daging yang akan dicairkan ke dalam plastik klip tersebut agar tidak terkontaminasi bakteri.

Kemudian siapkan dua panci. Letakkan satu panci dalam kondisi terbalik. Lalu letakkan daging di atas panci tersebut. Ambil satu panci lain, letakkan di atas daging. Selanjutnya, isi panci dengan air panas dan tunggu 10-15 menit. Daging beku pun bisa langsung mencair dan jadi lebih empuk.

Trik ampuh cairkan daging beku dalam 10 menit, tak perlu direndam air

foto: TikTok/@periwinkleiph

Telah ditonton lebih dari seribu kali, video tersebut pun turut mendapat banyak tanggapan dari warganet. Ada juga yang bertanya tentang perbedaan cara mencairkan daging yang dijelaskan dalam video dengan ketika daging direndam air panas.

"Apa bedanya sama celupin dagingnya ke air panas kak?" tanya akun TikTok/@maceberanaksatu.

"Bedanya ini pake penghantar yaitu panci, agar daging ga bersentuhan langsung dengan air panas, spy tidak merusak rasa dan kualitas daging," jawab TikTok/@periwinkleiph.

"“Ah kelamaan, aku sih langsung rendem daging ke air “ FYI, merendam daging beku di air langsung tanpa penghantar akan merusak kualitas & rasa," jelas akun TikTok/@periwinkleiph turut menjelaskan.

Trik ampuh cairkan daging beku dalam 10 menit, tak perlu direndam air

foto: TikTok/@periwinkleiph

Selain itu, cara mencairkan daging beku ini juga tidak hanya berlaku pada daging sapi, namun bisa juga dipraktikkan untuk mencairkan jenis daging lain seperti daging ayam.

"Berlaku untuk ayam gak?" pungkas TikTok/@andinirzk.

"Hooh yg pokoke yg judulnya daging beku," jawab akun TikTok/@periwinkleiph sebagai creator video tersebut.

@periwinkleiph Jangan kaget secepet ini #voiceeffects #tips #fyp #SAMASAMABELAJAR #BERBAGIFAKTA #cicimedok #medokjawa #tipsmasak #daging #tiktoktips DYCAL - DOMIKADO .ft MARIO & PRETTY RICO - K E M A L

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya