Trik ampuh menghilangkan karat pada gunting, auto tajam kembali

Trik ampuh menghilangkan karat pada gunting, auto tajam kembali
foto: TikTok/@garilateuing

Brilio.net - Peralatan dapur yang terbuat dari logam memang cenderung lebih rentan terhadap karat. Terlebih pada alat dapur yang sering digunakan seperti gunting. Karat tersebut bisa muncul ketika alat yang digunakan tidak dicuci secara maksimal. Bisa juga disebabkan karena gunting sering terkena air.

Alhasil, gunting yang berkarat jadi lebih tumpul dan susah digunakan. Apalagi jika karat sudah melapisi setiap bagian permukaan pada gunting. Tentu saja akan lebih sulit digunakan karena tingkat ketajamannya berkurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya gunting akan dibuang dan jadi barang rongsokan karena dianggap sudah tidak bisa dipakai. Padahal, gunting yang sudah berkarat pada dasarnya masih layak pakai jika dibersihkan dengan benar.

Sebagian besar orang biasanya membersihkan karat dengan cara digosok dengan amplas. Walau butuh usaha menggosok yang keras, namun cara ini memang ampuh membuat permukaan besi pada gunting jadi lebih halus. Nah, selain menggunakan amplas, ternyata ada trik lain yang bisa digunakan untuk membersihkan karat pada gunting, lho.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya