Cara ampuh mengolah petai sekaligus kulitnya sebelum digoreng agar tak pahit dan matang sempurna

Cara ampuh mengolah petai sekaligus kulitnya sebelum digoreng agar tak pahit dan matang sempurna
foto: YouTube/Hargono Mancing Liar

Brilio.net - Petai, siapa sih yang nggak tahu dengan makanan ini? Petai memang identik banget sebagai hidangan khas rumahan orang Indonesia. Selain enak, petai punya berbagai manfaat buat kesehatan, lho. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, petai bisa membantu melawan diabetes, hipertensi, maupun gangguan pada ginjal lantaran petai mengandung sejumlah mineral dan vitamin.

Buat jadi masakan sehari-hari, petai pun bisa dikreasikan jadi beragam hidangan, seperti tumisan, gulai, sampai gorengan. Ngomong-ngomong soal petai yang digoreng, kamu pun pasti sudah nggak asing dengan petai khas warung penyetan yang dimasak langsung bersama kulitnya. Petai yang digoreng bersama kulitnya ini bisa disantap pakai nasi hangat, ayam atau ikan goreng, serta sambal.

Usut punya usut, petai sekaligus kulitnya ini punya rasa yang lebih sedap dibanding petai yang sudah dikupas, lho. Tapi, kalau belum tahu cara mengolahnya, bisa-bisa rasanya masih cenderung pahit. Nah, salah seorang warganet bernama Hargono punya triknya nih untuk mengolah petai sekaligus kulitnya ini agar rasa pahitnya hilang.

"Cara memasak petai dengan kulitnya agar tidak pahit. Kalau kebanyakan orang masak petai itu isinya saja, tapi ini tradisi masak petai itu dengan kulitnya," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Hargono Mancing Liar, Minggu (8/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya