Trik atasi kaca oven tangkring yang pecah agar tetap bisa dipakai memanggang, gunakan sampah dapur

Trik atasi kaca oven tangkring yang pecah agar tetap bisa dipakai memanggang, gunakan sampah dapur
foto: YouTube/GENUK BOLU; Unsplash/Louis Hansel

Brilio.net - Oven tangkring dikenal sebagai salah satu alat pemanggang yang sudah ada sejak lama, yakni mulai tahun 60-an. Meski sudah lama ada, oven tangkring ini masih ada hingga sekarang, lho. Bahkan, sejumlah orang masih banyak yang setia menggunakan oven tangkring ini buat memanggang aneka hidangan karena disebut-sebut punya banyak keunggulan.

Berbeda dengan oven keluaran terbaru yang menggunakan tenaga listrik, oven tangkring ini dianggap punya harga lebih terjangkau dan tetap bisa dipakai saat listrik padam, karena pakai tenaga panas dari api kompor. Di samping itu, oven tangkring juga punya ukuran beragam, baik besar maupun kecil, sehingga cocok banget buat yang sering memasak dalam porsi besar.

Oven tangkring biasanya dipakai buat masak berbagai kue Lebaran maupun kue kering untuk dijual. Namun, karena harus sering dipindahkan saat ingin disimpan dan digunakan, oven tangkring sangat berisiko untuk jatuh. Bagian besi pada oven memang cukup kokoh, tapi berbeda dengan kaca di bagian pintunya yang bisa pecah apabila terjatuh.

Kalau kaca di pintu oven tangkring ini pecah, kue yang dipanggang bisa-bisa gagal untuk mengembang, lho. Pasalnya, suhu panas yang seharusnya merata di dalam oven, bisa keluar dari bagian kaca yang pecah. Rupanya, ada trik mengatasinya agar oven tangkring tetap bisa digunakan meski kacanya belum diperbaiki. Trik ini dibagikan oleh warganet lewat unggahan YouTube.

"Barangkali ada yang pernah mengalami oven jatuh atau kacanya yang pecah, tapi belum nemu solusinya misalnya ke tukang kaca, ini saya kasih solusi," ujar pemiliki channel dikutip BrilioFood dari YouTube GENUK BOLU, Selasa (3/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya