Trik bikin jamur tiram krispi agar tetap renyah hingga 1 bulan tanpa baking soda

Trik bikin jamur tiram krispi agar tetap renyah hingga 1 bulan tanpa baking soda
YouTube/KULINER icip Rasa

Brilio.net - Di antara banyaknya olahan jamur, salah satu yang paling banyak digemari masyarakat adalah jamur krispi. Biasanya jamur tiram dipilih untuk olahan jamur satu ini karena rasanya yang enak dan teksturnya yang mekar seperti kipas. Selain itu, jamur tiram juga mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Jamur krispi ini kerap disajikan sebagai camilan saat santai. Atau bisa juga disantap sebagai lauk pendamping nasi hangat. Jamur krispi juga akan semakin lezat jika disajikan dengan bumbu-bumbu yang sedap.

Membuat jamur krispi pada dasarnya cukup mudah. Kamu tinggal membalurinya dengan tepung, lalu menggorengnya sampai garing. Meskipun mudah, banyak orang ternyata masih gagal karena tekstur jamur langsung lembek begitu dingin. Jika sudah begitu, tentu jamur krispi kurang nikmat saat disantap.

Usut punya usut, ada trik tertentu yang harus diterapkan untuk memperpanjang kerenyahan jamur tiram goreng ini, lho. Seorang penghuni YouTube dengan akun KULINER icip Rasa pernah membagikan trik membuat jamur krispi yang tahan lama. Bukan 1 atau 2 jam saja, renyahnya ini bisa bertahan hingga 1 bulan lamanya, lho.

Pada umumnya, sejumlah orang akan menambahkan baking soda ke dalam adonan. Penggunaan baking soda dianggap mampu meningkatkan tekstur kerenyahan jamur krispi. Selain baking soda, adonan yang dipakai juga biasanya terdiri dari adonan basah dan kering. Membaluri jamur dengan dua adonan tersebut memang bisa bikin tekstur jamur semakin renyah dan bentuknya keriting.

Namun pengguna YouTube KULINER icip Rasa memilih untuk tidak menggunakan bahan dan cara tersebut karena cenderung ribet. Dilansir BrilioFood dari YouTube KULINER icip Rasa pada Minggu (4/6), dia hanya menggunakan satu jenis adonan dan tanpa baking soda.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya