Trik bikin kuah soto lamongan ala pedagang kaki lima, gurih dan lezat

Trik bikin kuah soto lamongan ala pedagang kaki lima, gurih dan lezat
foto: Unsplash/Lampos Aritonang

Brilio.net - Indonesia punya banyak sekali jenis hidangan berkuah, salah satunya soto. Soto khas Nusantara ini punya banyak variasinya, mulai dari soto lamongan, betawi, lentok, kudus, blora, coto makassar, dan masih banyak lagi. Salah satu yang terkenal dan sudah tersebar ke berbagai daerah sejak lama adalah soto lamongan.

Soto asal Jawa Timur satu ini selain disajikan pakai nasi, biasanya ditambahkan juga dengan aneka topping, seperti telur, ayam, daun seledri, tauge, dan bubuk koya yang menjadi ciri khasnya. Disantap pas lagi hangat-hangatnya, rasa soto lamongan ini memang nikmat banget. Di samping itu, soto lamongan juga sering dimakan bareng kerupuk, gorengan, serta sate.

Namun, semua topping dan pelengkap soto lamongan tersebut mungkin tak ada apa-apanya jika rasa kuah soto masih kurang nikmat dan hambar. Rupanya, untuk membuat kuah soto lamongan yang enak dan gurihnya nendang ada rahasianya, lho. Nggak banyak yang tahu, trik biar kuah soto lamongan semakin lezat ini sering dipakai oleh pedagang.

Salah seorang warganet bernama Iin Januri sempat membagikan trik membuat kuah soto lamongan ala pedagang ini. Lewat akun TikToknya, wanita ini mengaku tanpa sengaja mendapatkan triknya di media sosial dan iseng untuk mencobanya. Ternyata, kuah soto lamongan buatannya jauh lebih enak dibanding yang pernah dibuat sebelumnya.

"Entahlah resep dari mana ini tapi memang mantul," kata TikTok/@iinjanuri dikutip BrilioFood pada Rabu (30/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya