Trik bikin sambal hijau teri supaya tidak pahit dan warnanya tetap cantik

Trik bikin sambal hijau teri supaya tidak pahit dan warnanya tetap cantik
Instagram/@firhanmci6

Brilio.net - Siapa sih yang nggak tergoda dengan lezatnya sambal hijau? Sambal yang terbuat dari bahan dasar cabai hijau ini tidak hanya lezat, namun juga punya tampilan segar nan cantik. Warna hijau cerahnya bikin siapa saja tertarik dan ingin menyantapnya.

Sekilas, membuat sambal hijau ini memang tampak mudah. Namun tidak sedikit yang justru mendapati hasil yang tidak sesuai ekspektasi. Misalnya rasa sambal jadi pahit atau warnanya tidak hijau segar. Perubahan rasa dan warna pada sambal hijau ini tentu akan memengaruhi selera makan. Oleh karena itu, penting untuk lebih berhati-hati dalam membuat sambal hijau ini.

Tapi jika bingung, kamu bisa meniru trik membuat sambal hijau yang dibagikan oleh Chef Firhan. Dalam salah satu unggahannya di Instagram, runner up MasterChef Indonesia musim ke-6 ini membeberkan trik sekaligus tutorial bikin sambal hijau andalannya. Nah, selain mengandalkan cabai hijau, dia juga menambahkan teri pada kreasi sambal satu ini biar makin enak.

"Ini tuh sambal yang dimakan pakai nasi aja udah enak, siap-siap buat boros nasi. Ini juara banget, karena nggak bisa berhenti (makan)," kata Chef Firhan, dikutip BrilioFood dari Instagram @firhanmci6 padaRabu (22/2).

Untuk membuat sambal ini, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Di antaranya 100 gr teri belah, lima butir bawang putih, tujuh butir bawang merah, 20 buah cabai rawit, 15 buah cabai hijau keriting, 10 buah cabai hijau besar, dan 3 buah tomat hijau. Sedangkan bumbu dan rempah yang digunakan ada 4 lembar daun jeruk, 1 sendok teh gula, 1 sendok teh kaldu jamur, 1 sendok teh penyedap, dan 1/2 sendok teh garam.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya