Trik jitu mencuci sayur pakis agar tidak bau langu dan rasa sepetnya hilang

Trik jitu mencuci sayur pakis agar tidak bau langu dan rasa sepetnya hilang
YouTube/Dian Resep

Brilio.net - Sayur pakis, sayuran hijau satu ini sering diolah jadi berbagai menu. Dulunya, pakis dikenal sebagai tumbuhan liar yang banyak ditemukan di hutan. Namun, kini sayur satu ini sudah banyak dijual di pasaran, lho.

Sayur pakis punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari webmd.com, sayur pakis mengandung karbohidrat, potassium, vitamin K, asam folat, dan zat besi. Jika sering dikonsumsi, sayur ini dipercaya bisa mencegah tubuh dari penyakit kanker, jantung, serta diabetes. Jenis olahan sayur pakis juga beragam banget untuk dibuat di rumah.

Misalnya dimasak jadi tumisan, sayur bersantan, sup, dan hidangan lezat lainnya. Tapi, alih-alih jadi lezat, sayur pakis bisa-bisa bikin selera makan hilang kalau tidak diolah dengan benar, lho. Pasalnya, sebelum dimasak, sayur pakis harus dipilih terlebih dahulu dan dibersihkan dengan beberapa langkah supaya bau langu dan rasa sepetnya hilang.

Salah seorang warganet bernama Dian sempat membagikan cara membersihkan sayur pakis sebelum dimasak, nih. Menurutnya, cukup dengan sejumlah cara ini, sayur pakis tak lagi berbau langu dan berasa sepet meski tanpa direbus terlebih dahulu. Caranya juga mudah banget untuk dipraktikkan di rumah.

"Kalau kita nggak bisa mengolah, bisa jadi ini rasanya bisa sepet dan keras, dan kurang enak ya untuk dimakan ya," jelas Dian, dikutip BrilioFood dari YouTube/Dian Resep pada Selasa (3/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya