Trik jitu menggoreng cumi supaya tak meletus, lebih aman dan mudah dipraktikkan

Trik jitu menggoreng cumi supaya tak meletus, lebih aman dan mudah dipraktikkan
foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

Brilio.net - Cumi memang bisa dimasak dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara digoreng. Cumi yang digoreng ini bisa dikreasikan dengan bumbu balado, cabai hijau, asam manis, dan masih banyak lagi. Olahan cumi goreng cenderung simpel dibuat sehingga kerap dijadikan pilihan menu makan di rumah.

Namun menggoreng cumi rupanya bukan pekerjaan yang mudah. Hal ini karena proses tersebut bisa memengaruhi tekstur cumi jadi alot. Tidak hanya itu, cipratan minyak dari cumi yang meletus saat digoreng juga jadi permasalahan tersendiri.

Cipratan minyak panas ini tentu berbahaya karena akan menimbulkan luka bakar jika terkena kulit. Hal inilah yang membuat sebagian orang akan berpikir dua kali saat hendak menggoreng cumi.

Tapi jangan khawatir, ada sebuah trik yang bisa dipraktikkan untuk menghindari hal tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube dengan channel bernama BERBAGI DUNIA. Melalui salah satu unggahannya, dia menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cumi tidak meletus saat digoreng.

Cumi yang meletus saat digoreng rupanya disebabkan oleh proses pengolahan yang kurang tepat. Bagian kulit, daging, dan mata cumi bisa meletus akibat reaksi panas yang ditimbulkan pada proses penggorengan sehingga bagian-bagian tersebut harus diperhatikan.

Trik jitu menggoreng cumi supaya tak meletus, lebih aman dan mudah dipraktikkan

foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

"Penyebab utama (cumi) meletus saat menggoreng cumi adalah dikarenakan reaksi panas di antara celah daging dan kulit yang ada di cumi. Nah, makanya di bagian inilah yang perlu diperhatikan, adalah kulit, daging, dan matanya pada saat sebelum menggoreng," terang YouTube BERBAGI DUNIA sebagaimana dikutip BrilioFood pada Kamis (5/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya