Trik memanaskan nasi sisa biar nggak kering, praktis cuma 2 menit

Trik memanaskan nasi sisa biar nggak kering, praktis cuma 2 menit
foto: TikTok/@poetrygue

Brilio.net - Nasi sudah sejak lama jadi makanan pokok kebanyakan orang Asia, termasuk di Indonesia. selain cocok dipadukan dengan berbagai jenis lauk dan bikin kenyang, nasi juga simpel banget cara membuatnya. Di Indonesia sendiri, nasi yang banyak dikonsumsi adalah nasi putih. Namun, kini sudah mulai populer jenis nasi lain seperti nasi merah, cokelat, hitam, dan masih banyak lagi.

Untuk jadi menu makanan sehari-hari di rumah, banyak orang yang memang sengaja masak nasi dalam porsi besar biar nggak bolak-balik masak nasi melulu. Di waktu-waktu tertentu, nasi bisa saja masih ada sisa lantaran tak langsung habis dikonsumsi. Terkadang, jika tetap dibiarkan di rice cooker, nasi bisa menjadi basi maupun terlalu kering tergantung kondisi rice cooker masing-masing.

Nah, biar nggak terbuang percuma, nasi kerap disimpan di kulkas agar masih bisa disantap kemudian hari. Biasanya, nasi yang disimpan kemudian diolah lagi jadi nasi goreng. Padahal, tanpa diolah jadi nasi goreng, nasi putih bisa dikonsumsi dengan cara dipanaskan.

Memanaskan nasi kembali ini tetap aman dilakukan, lho. Asal, dilakukan dengan cara yang tepat. Dilansir dari nhs.uk, nasi yang disimpan di kulkas hanya bisa bertahan dalam sehari. Keesokan harinya, nasi harus segera dikonsumsi agar tidak basi. Saat memanaskannya pun, pastikan keseluruhan nasi mendapatkan panas yang cukup dan sebaiknya tak dipanaskan lebih dari sekali.

Di samping itu, jika cara menghangatkannya kurang tepat, nasi bisa jadi terlalu kering dan kurang nikmat saat disantap, bukan? Rupanya ada cara memanaskan nasi sisa tapi hasilnya tetap empuk dan enak seperti baru, lho.

Seorang kreator konten di TikTok dengan akun @poetrygue menunjukkan trik memanaskan nasi yang mudah dan cepat. Dilansir BrilioFood pada Kamis (28/7), pemilik akun dengan nama asli Devina Nathania yang juga berprofesi sebagai dokter ini punya cara jitu memanaskan nasi cuma dalam waktu dua menit.

@poetrygue mager yang menghasilkan ide cemerlang #fyp #fyp #fypgakni #viral #trik #masak #hack #lifehack #nasi #fypviral #fyppp #fyppppppppppppppppppppppp original sound - Devina nathania

"Mager yang menghasilkan ide cemerlang," ujarnya di keterangan video tersebut.

Devina menunjukkan cara pertama dengan mengeluarkan nasi dari kulkas, kemudian dituangkan ke dalam mangkuk tahan panas. Setelah itu, Devina Nathania memisahkan nasi yang masih menggumpal dengan sendok. Nasi yang dipisahkan ini juga membantu keseluruhan nasi menerima panas dengan baik nantinya, lho.

Trik memanaskan nasi sisa biar nggak kering, praktis cuma 2 menit

foto: TikTok/@poetrygue

Setelah itu, ia pun menyiapkan tisu dapur yang dibasahi dengan air. Nantinya, tisu basah ini digunakan untuk menutup mangkuk berisi nasi yang akan dipanaskan. Namun, ia membuka sedikit tisunya agar ada ruang sedikit di mangkuk. Menurutnya, fungsi tisu basah ini membantu nasi seakan dikukus kembali.

"Jadi nanti air yang di tisu ini jadi kayak uap dan manasi nasinya pelan-pelan tanpa lembek gitu," jelasnya.

Trik memanaskan nasi sisa biar nggak kering, praktis cuma 2 menit

foto: TikTok/@poetrygue

Mangkuk berisi nasi sisa yang sudah ditutupi dengan tisu basah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam microwave. Ia pun mengatur waktu memanaskan cukup dua menit saja. Jika sudah dua menit, nasi pun bisa dikeluarkan dari microwave. Devina Nathania juga mengimbau agar hati-hati saat membuka tisunya karena akan sangat panas jika langsung disentuh.

Trik memanaskan nasi sisa biar nggak kering, praktis cuma 2 menit

foto: TikTok/@poetrygue

Nasi yang sudah dipanaskan pun bisa langsung disantap. Devina Nathania yang sudah memiliki lebih dari 400 ribu followers di TikTok ini pun mengungkapkan cara ini sudah ia lakukan berkali-kali jika punya nasi sisa di rumah. Hasil nasinya pun empuknya pas, tak terlalu lembek maupun terlalu kering.

Video trik memanaskan nasi tersebut sudah ditonton ratusan ribu kali dan mendapat banyak likes, serta komentar dari warga TikTok lainnya. Tak sedikit yang heran rupanya nasi sisa bisa jadi seperti baru dimasak. Tertarik buat mencoba?

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya