Trik memanggang bolu pakai loyang silikon, antitumpah & tak gosong

Trik memanggang bolu pakai loyang silikon, antitumpah & tak gosong
foto: YouTube/Nana Husna

Brilio.net - Memiliki tekstur yang lembut dan bercita rasa manis, membuat bolu menjadi camilan atau hidangan pilihan yang disajikan di berbagai macam acara. Bolu sendiri dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan proses pengolahannya, yakni bolu panggang dan kukus. Kedua jenis bolu tersebut memiliki tekstur yang berbeda.

Bolu kukus memiliki karakteristik yang cenderung lembap, sedangkan bolu panggang cenderung lebih kering. Lantaran dipanggang, biasanya bolu jenis ini bisa bertahan lebih lama. Tak heran, jika bolu panggang sering dijadikan camilan bagi kebanyakan orang.

Cara pengolahan bolu panggang juga sebenarnya tidak jauh berbeda dari cara membuat bolu pada umumnya. Setelah adonan bolu jadi, langsung tuangkan adonan ke dalam loyang. Saat ini, banyak pilihan loyang yang dibedakan dari jenisnya, bentuknya, hingga ukurannya untuk dijadikan pilihan. Salah satu loyang yang bisa digunakan untuk memanggang bolu adalah yang terbuat dari silikon.

Selain bentuknya yang bermacam-macam, kamu juga tidak perlu bersusah payah untuk mengolesi seluruh permukaan loyang dengan mentega terlebih dahulu. Dengan loyang jenis ini, bolu akan dengan mudah terlepas sendiri saat sudah matang. Selain itu, loyang silikon pun sangat mudah untuk dibersihkan. Meski begitu, kamu harus menggunakan trik khusus saat memanggang bolu dengan cetakan silikon.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA