Trik memasak cumi agar empuk, dijamin nggak alot saat dikunyah

Trik memasak cumi agar empuk, dijamin nggak alot saat dikunyah
foto: TikTok/@chefnausa

Brilio.net - Pernah memasak cumi sendiri namun hasilnya malah alot dan kenyal? Jika olahan cumi yang dimasak justru sulit dikunyah, sangat mungkin cara masak yang diterapkan salah. Yup! Memasak cumi memang perlu teknik tertentu.

Pasalnya, memasak cumi tidak semudah seperti memasak jenis seafood atau makanan laut lainnya. Hal ini karena daging cumi yang dingin dan basah mudah berubah jadi alot saat terkena suhu panas pada proses pematangan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memasak cumi adalah durasi. Pasalnya, jika salah durasi, tekstur cumi jadi alot. Menurut penjelasan dari Chef Nausa sekaligus TikTok kreator terkenal, terdapat dua teknik yang perlu diterapkan dalam memasak cumi, yakni teknik 1-1.

Trik memasak cumi agar empuk, dijamin nggak alot saat dikunyah

foto: TikTok/@chefnausa

Teknik 1-1 yang dimaksud adalah cumi bisa dimasak hanya dalam waktu satu menit atau satu jam. Metode ini perlu dipraktikkan, mengingat tekstur cumi yang cenderung elastis sehingga mudah alot. Hal tersebut pun turut dijelaskan chef Nausa dalam videonya di TikTok.

"Karena dia (cumi) teksturnya rubbery, jadi dia sebaiknya dimasak sebentar atau lama sekalian gitu biar dia benar-benar empuk," ungkapnya dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@chefnausa pada Rabu (24/8).

Cumi memang sebaiknya dimasak dengan panas yang tinggi dan cepat, atau bisa juga dengan panas yang rendah dan lambat. Jika memasak cumi di antara kedua cara tersebut, tekstur cumi biasanya justru akan alot. Pada dasarnya, hanya perlu waktu beberapa menit untuk memasak cumi. Nah, kalau lebih dari itu, butuh waktu lama untuk membuat cumi kembali empuk.

Perbedaan metode memasak cumi ini bisa diterapkan untuk proses memasak yang juga berbeda. Jika hendak digoreng tepung, maka salah satu trik yang perlu diterapkan adalah gunakan minyak yang panas dan banyak (deep fried).

Trik memasak cumi agar empuk, dijamin nggak alot saat dikunyah

foto: TikTok/@chefnausa

Kemudian cukup goreng cumi selama satu menit hingga warna tepung mulai berubah kecokelatan. Selain suhu, ukuran saat memotong cumi juga perlu diperhatikan, lho. Terapkan durasi memasak yang singkat untuk cumi yang dipotong tipis atau kecil-kecil.

Namun selain digoreng, cara memasak selama satu menit ini juga bisa diterapkan dalam metode memasak lain, seperti saat dibakar. Sedangkan untuk teknik masak yang sampai 1 jam bisa diterapkan jika cumi hendak dimasak dengan cara direbus atau diungkep. Hal ini pun turut dijelaskan chef Nausa melalui kolom komentar ketika ada seorang warganet yang bertanya.

"klo yg masak 1 jam itu ba gmna carany?" tanya akun TikTok/@_vernasution

"Yg di rebus/ungkep," jelas chef Nausa.

Perlu diperhatikan juga bahkan metode memasak ini hanya bisa diterapkan untuk cumi segar atau yang tidak diasinkan. Karena cumi asin pada dasarnya sudah melalui proses pengawetan dan teksturnya lebih kering dari cumi segar. Sehingga cara mengolahnya pun bisa berbeda.

Trik memasak cumi agar empuk, dijamin nggak alot saat dikunyah

foto: TikTok/@chefnausa

Video yang disukai lebih dari 85 ribu kali tersebut sudah dibagikan lebih dari ratusan kali. Tak hanya itu, banyak komentar yang turut ditinggalkan para pengguna TikTok. Banyak yang merasa mendapat ilmu baru dan sangat berguna untuk dipraktikan nantinya.

@chefnausa Kemarin siapa ya yg request tips masak cumi anti alot? #calamari #cumigorengtepung #cumi original sound - Chef Nausa

"Sip chef makasih banyak nanti saya praktekin ulang masak cumi nya," kata akun TikTok/@alexander_ei_6969.

"MAKASIH INFO NYA CHEF," ungkap pengguna TikTok/@azzahracv.

"Sering² share tips and trick kek gini ya ba," tulis akun TikTok/@astrosouri.

"Makasih bang, gw kirim ke emak besoknyaa dibuat kriuk + ga alot," ujar TikTok/@https_raa._

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya