Trik membersihkan buah nanas agar bebas gatal dan rasanya makin manis

Trik membersihkan buah nanas agar bebas gatal dan rasanya makin manis
foto: YouTube/Dwii Dwii

Brilio.net - Nanas termasuk buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah kuning satu ini biasanya dikonsumsi langsung sebagai camilan dan diolah untuk selai, campuran rujak, atau bahkan diblender untuk jadi jus. Selain itu, nanas juga kerap dijadikan pelengkap untuk acar, sambal, atau lempah ikan.

Nggak cuma manis, ada rasa asam dari nanas yang dapat memperkaya cita rasa pada masakan. Dengan tambahan nanas ini, masakan jadi makin segar dan menggugah selera. Hal inilah yang membuat nanas bisa dijadikan campuran untuk makanan manis atau gurih sekalipun.

Sayangnya, ada banyak orang yang kerap mengeluhkan lidah gatal saat mengonsumsi buah satu ini. Dilansir dari medicalnewstoday.com, rasa gatal pada nanas disebabkan oleh enzim alami yang bernama bromelain. Enzim ini dapat memecah protein, termasuk kolagen yang terdapat pada permukaan lidah, bibir, dan pipi bagian dalam.

Nah, pecahnya protein yang menyentuh permukaan lidah akan menimbulkan rasa gatal. Dan selain gatal, sebagian orang terkadang mengalami bengkak akibat mengonsumsi buah nanas. Efek samping ini tentu bikin nggak nyaman.

Sebenarnya ada sebuah trik simpel untuk menghindari hal tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Dwi. Dalam salah satu unggahannya di channel YouTube Dwii Dwii, dia membeberkan trik agar nanas lebih enak saat dikonsumsi.

"Tips untuk menghilangkan rasa gatal pada nanas dan mengeluarkan rasa manis pada nanas," terang YouTube Dwii Dwii

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya