Trik membuat lada bubuk ini hasilnya halus merata tanpa bikin blender rusak

Trik membuat lada bubuk ini hasilnya halus merata tanpa bikin blender rusak
foto: YouTube/GOciGO Channel

Brilio.net - Lada atau merica merupakan salah satu bumbu masak yang wajib ada di dapur. Rasa dan aromanya yang cenderung pedas bisa memperkaya cita rasa pada suatu masakan. Banyak dari masakan Asia maupun Eropa kerap menggunakan lada sebagai bumbu dasarnya.

Dilihat dari bentuk aslinya, lada biasanya berbentuk butiran-butiran kecil. Namun saat hendak digunakan, produk rempah satu ini kemudian perlu dihaluskan terlebih dahulu. Lada bubuk yang halus pada umumnya memiliki aroma yang lebih kuat dan bisa dengan mudah melebur pada masakan.

Lada bubuk memang bisa dengan mudah didapat di pasar. Ada banyak produsen yang mengemas lada dalam bentuk bubuk supaya lebih mudah dipakai. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa lada bubuk yang diproduksi oleh pabrik biasanya sudah dicampur dengan bahan pengawet atau bahan lain.

Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang masih memilih untuk membeli dan mengolah sendiri lada dalam bentuk butiran. Tapi tetap saja, sebelum digunakan, lada atau merica ini juga harus dihaluskan terlebih dahulu. Sayangnya, menghaluskan merica rupanya tidak semudah itu, lho.

Ada beberapa kendala yang kerap dialami ketika hendak menghaluskan merica (lada butir). Mulai dari teksturnya yang tidak halus, blender yang jadi macet, atau aroma lada yang ternyata kurang kuat. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa trik yang perlu dilakukan dalam membuat lada bubuk ini.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya