Trik mengatasi nasi kurang matang di rice cooker, praktis tanpa perlu dikukus

Trik mengatasi nasi kurang matang di rice cooker, praktis tanpa perlu dikukus
YouTube/The young knight

Brilio.net - Menanak nasi di rice cooker jadi cara cepat dan praktis yang kini diterapkan banyak orang. Cukup dengan memasukkan beras dan air, kamu bisa menunggu beras matang dengan sendirinya dan menjadi nasi. Tak perlu khawatir, hasil nasi biasanya cenderung pulen dan matang sempurna.

Namun seperti proses memasak pada umumnya, ada sejumlah insiden yang bisa bikin nasi gagal matang sekalipun dimasak di rice cooker. Misalnya mendapati hasil nasi yang masih keras alias kurang matang. Biasanya nasi yang kurang matang masih berbentuk butiran beras. Tentu kondisi seperti ini bikin nasi nggak layak makan.

Masalan ini umumnya terjadi karena beberapa hal. Salah satunya bisa karena salah takaran air. Jika porsi air terlalu sedikit, beras jadi tidak bisa pulen dan matang sempurna.

Selain kurangnya air, masalah nasi yang kurang matang juga bisa terjadi karena lupa menekan tombol 'cook' (memasak). Tidak sedikit orang yang cenderung lupa memencet tombol 'cook' setelah memasukkan panci yang berisi beras ke rice cooker. Saat dibiarkan terlalu lama, air akan tetap terserap ke dalam beras.

Namun karena suhu panas di rice cooker tidak maksimal, maka beras tidak bisa berubah jadi nasi yang pulen dan lembut. Alhasil, nasi tidak matang sempurna dan kurang layak dikonsumsi. Masalah seperti ini kerap dialami banyak orang, salah satunya pengguna YouTube The young knight.

"Kali ini saya mau sarapan, tapi nasinya keras. Lupa, nggak diceklek ke bawah tadi sore," ungkap YouTube The young knight, dikutip BrilioFood pada Senin (20/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya