Trik mengeringkan jahe tanpa oven dan alat pengering khusus, awet dan cocok buat stok

Trik mengeringkan jahe tanpa oven dan alat pengering khusus, awet dan cocok buat stok
foto: YouTube/Papi Kelly

Brilio.net - Beberapa bahan makanan memang akan lebih awet jika disimpan dalam kondisi kering. Biasanya bahan makanan yang dikeringkan seperti ini adalah bahan yang memiliki aroma menyengat. Misalnya lemon, buah, atau rempah-rempah.

Menyimpan rempah-rempah dalam kondisi kering memang membuat masa simpannya lebih lama. Hal ini tentu disebabkan karena kadar air di dalamnya yang berkurang drastis. Sehingga rempah tidak mudah berjamur dan membusuk walau diletakkan di suhu ruang sekalipun.

Meskipun sudah dihilangkan kadar airnya (dikeringkan), namun aroma yang kuat pada rempah tidak mudah hilang. Dengan begitu, rempah bisa digunakan sewaktu-waktu. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa aroma rempah tetap tidak sekuat saat kondisinya masih segar.

Nah, untuk mengeringkan rempah atau bahan makanan lain, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Biasanya sebagian orang akan menggunakan oven atau microwave untuk mengurangi kadar air pada rempah. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan food dehydrator (alat khusus untuk mengeringkan makanan).

Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat-alat seperti itu di rumah. Alhasil, sebagian orang memilih untuk mengeringkan rempah secara manual dengan cara dijemur. Tapi kekurangannya, kamu harus menunggu berhari-hari saat menjemur rempah sampai kadar airnya berkurang atau mengering.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya