Trik menggoreng basreng agar tidak lengket dan renyah tahan lama

Trik menggoreng basreng agar tidak lengket dan renyah tahan lama
foto: TikTok/@ngemilngemilll

Brilio.net - Bakso goreng merupakan salah satu olahan bakso yang bisa kamu pilih sebagai camilan sehari-hari. Bakso goreng atau basreng ini memang menawarkan cita rasa gurih yang membuat siapa saja akan ketagihan saat mengonsumsinya.

Biasanya basreng disajikan dengan bubuk cabai maupun aneka varian saus. Selain jadi camilan, kuliner khas Bandung ini juga bisa menjadi pilihan alternatif pengganti kerupuk di rumah. Cocok banget untuk ditabur di atas nasi hangat maupun mi instan. Dijamin bikin memanjakan lidah.

Jadi camilan yang banyak difavoritkan, nggak salah kalau banyak yang memiliki bakso goreng sebagai ide jualan. Dengan berbagai varian rasa dan bentuk, basreng ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Tak jarang, banyak orang memilihnya sebagai stok camilannya di rumah.

Membuat basreng sebenarnya cukup mudah. Nggak salah, kalau banyak orang yang mencoba untuk membuat basreng sendiri di rumah. Selain lebih hemat, bahan-bahan yang digunakan pun bisa dipilih sesuai selera. Meski terlihat sederhana, namun menggoreng basreng perlu trik khusus.

Pasalnya, banyak orang yang mengeluhkan basreng buatannya mudah melempem dan lengket saat digoreng. Nah, salah satu warganet pemilik akun TikTok/@ngemilngemilll punya trik menggoreng basreng agar tidak lengket dan hasilnya pun super kriuk. Cara ini juga bisa bikin basreng renyahnya tahan lama.

Trik menggoreng basreng agar tidak lengket dan renyah tahan lama

foto: TikTok/@ngemilngemilll

Dilansir dari BrilioFood pada Kamis (4/8), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggoreng basreng agar renyah maksimal dan warnanya tetap cantik. Pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan dua wajan berisi minyak hangat yang dipanaskan dengan api kecil dan juga minyak yang panas.

Setelah itu masukkan basreng ke minyak yang hangat terlebih dahulu sampai basreng mengapung. Saat sudah mengapung, tandanya basreng sudah matang. Meski begitu, masih harus digoreng terlebih dahulu agar kulit basreng renyah lebih lama. Setelah itu, kamu bisa mengangkat basreng dan lanjut ke langkah selanjutnya.

Trik menggoreng basreng agar tidak lengket dan renyah tahan lama

foto: TikTok/@ngemilngemilll

Setelah itu, pastikan minyak di wajan satunya benar-benar dalam kondisi panas. Kamu bisa memasukkan basreng tadi ke dalam minyak panas dengan kondisi api sedang. Sambil diaduk-aduk agar basreng matang secara merata dan tidak gosong. Sebelumnya, ia menambahkan tepung terigu secukupnya ke dalam minyak.

Hal itu merupakan kunci agar basreng tidak lengket dan menempel satu sama lain saat digoreng. Saat basreng sudah berwarna kuning kecokelatan, kamu bisa mengangkat basreng dengan saringan agar tidak menyerap minyak yang berlebih.

Hal tersebut jadi salah satu solusi agar basreng tidak mudah melempem saat disimpan. Disukai lebih dari 82 ribu pengguna, video tersebut menarik perhatian warganet. Sebagian ada yang berkomentar bahwa trik tersebut sangat berguna dan akan ia praktikkan.

@ngemilngemilll Semoga bermanfaat ya #MerdekaCatetRibet #basrengpedasdaunjeruk #basrengmalang #fyp Here's Your Perfect - Flukie

"Kenapa kalo aku nyoba goreng keras yaa mlempem, trus ga sebagus gitu bentuk nya,"tulis akun TikTok/@Teguh TP.

"Iya aku kalo goreng basreng juga pk sdkt tepung terigu biar gak nempel satu sama lain,"ungkap akun TikTok/@@$.

"Sukses terus ya mbak, seneng banget tau trik ini,"tulis aku TikTok/@Callmediniiiii.

"Makasih kak informasinya sangat brguna,"ungkap akun TikTok/@Mas R.

"Wah boleh nih dicoba,"tulis akun TikTok/@caramellatte.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

  • Siomay Bandung

    01 / 09 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA