Trik menghilangkan bau amis dan lendir pada belut, cuma pakai satu bahan

Trik menghilangkan bau amis dan lendir pada belut, cuma pakai satu bahan
foto: YouTube/ADIVIA Channel

Brilio.net - Belut merupakan jenis ikan tawar yang hidup di daerah tropis, termasuk Indonesia. Belut sendiri memang sering dijadikan sebagai bahan makanan yang dikonsumsi banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah setelah digoreng membuat belut kerap jadi makanan favorit.

Meskipun enak, namun bentuknya yang panjang menyerupai ular membuat sebagian orang justru takut dan akan berpikir dua kali untuk mengonsumsi belut. Belum lagi, tekstur kulitnya yang licin karena berlendir bikin proses mengolah belut juga cenderung sulit. Nggak cuma itu, lendir ini juga bisa membuat belut jadi bau amis dan rasanya semakin pahit.

Sayangnya, lendir pada belut ini juga tidak bisa langsung hilang hanya dengan siraman air. Ada trik lain yang perlu dilakukan untuk benar-benar menghilangkan lendir pada belut. Trik ini pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama ADIVIA Channel.

Dalam salah satu video yang diunggah, pengguna YouTube tersebut menunjukkan banyaknya lendir yang dihasilkan belut. Bahkan setelah dipotong-potong sekalipun, masih ada banyak lendir yang menempel. Hal ini tentu menjadi permasalahan tersendiri saat hendak mengolah belut.

Trik menghilangkan bau amis dan lendir pada belut, cuma pakai satu bahan

foto: YouTube/ADIVIA Channel

"Meskipun sudah dipotong dan dibersihkan dengan air, ternyata lendirnya masih banyak," kata YouTube ADIVIA Channel dilansir BrilioFood pada Rabu (18/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya