Trik menghilangkan bau langu pada brokoli, cukup pakai 2 bahan

Trik menghilangkan bau langu pada brokoli, cukup pakai 2 bahan
YouTube/Ketoprak Khas Jakarta Christy

Brilio.net - Brokoli termasuk jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, brokoli mengandung serat tinggi dan bisa jadi sumber vitamin C serta kalsium yang baik untuk tubuh. Sejumlah nutrisi tersebut bisa mendukung kesehatan tubuh jadi lebih baik.

Untuk mendapat manfaat brokoli, kamu bisa rutin mengonsumsi sayuran tersebut setelah dimasak. Ada banyak menu sayur berbahan dasar brokoli. Misalnya sup, aneka tumisan, digoreng, atau dijadikan pelengkap. Warnanya cerah dan bentuknya yang unik membuat brokoli bisa juga digunakan sebagai garnish untuk mempercantik hidangan.

Sayangnya, di balik banyak keunggulannya tersebut, banyak orang masih kurang suka mengonsumsi brokoli. Sejumlah orang menganggap bahwa rasanya pahit. Ada juga yang enggan mengonsumsi brokoli karena langunya mengganggu.

Yup, terkadang brokoli memang mengeluarkan bau tak sedap saat dipotong dan dimasak. Dilansir dari eatingwell.com, kuntum brokoli yang terpotong melepaskan sulforaphane, senyawa yang ditemukan di banyak sayuran silangan. Senyawa ini bisa mengeluarkan bau yang kuat. Biasanya semakin kuat baunya, menandakan bahwa brokoli sudah tidak segar lagi atau terlalu tua.

Jika terlanjur brokoli langu, sebaiknya kamu harus mengolahnya dengan benar. Karena jika tidak, bau tersebut bisa mengontaminasi bahan makanan lain yang dimasak bersama brokoli. Tentu kamu tidak ingin menyantap brokoli bau langu, bukan?

Beruntungnya seorang pengguna YouTube Ketoprak Khas Jakarta Christy pernah membagikan sebuah trik sederhana menghilangkan bau brokoli tersebut. Siapa sangka, triknya cukup praktis ditiru. Bahan yang dibutuhkan juga terbilang mudah didapat.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya