Trik mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, mudah ditiru

Trik mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, mudah ditiru
TikTok/@venithyacalistaa

Brilio.net - Lidah buaya merupakan salah satu tanaman budidaya serbaguna yang terkenal dengan berbagai manfaat dan kegunaannya. Bisa dipakai untuk perawatan kecantikan, kesehatan pencernaan, obat, bahkan ramuan herbal.

Lidah buaya juga bermanfaat untuk merawat kulit, lho. Hal ini karena sumber vitamin C dalam lidah buaya sangat tinggi. Tak heran jika kemudian banyak produk kosmetik menjadikan lidah buaya sebagai bahan dasar.

Selain digunakan sebagai bahan baku produk kosmetik, ada cara lain untuk mendapat manfaat dari lidah buaya. Salah satunya dengan mengonsumsi langsung daging lidah buaya, nih. Bisa dijadikan sebagai minuman, puding, ataupun menu lain yang enak dan menyehatkan.

Namun sebelum siap dikonsumsi, lidah buaya perlu diolah terlebih dahulu supaya bagian lendir atau gel yang melekat pada bagian dagingnya hilang. Pengolahan yang tidak tepat cenderung dapat membuat mulut terasa gatal saat mengonsumsi lidah buaya.

Salah satu warganet dengan akun TikTok/@venithyacalistaa pun tak pelit berbagi cara simpel mengolah lidah buaya. Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@venithyacalistaa pada Minggu (29/8), langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih lidah buaya segar dengan ukuran cukup besar. Jangan lupa cuci lidah buaya yang baru dipetik sebelum diolah, ya.

Trik mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, mudah ditiru

foto: TikTok/@venithyacalistaa

Kemudian potong-potong agar lebih mudah dikupas bagian kulitnya. Lalu kupas kulit lidah buaya. Kumpulkan bagian daging yang sudah dikupas di mangkuk atau wadah cekung. Setelah itu, siram dengan air panas yang benar-benar mendidih.

Trik mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, mudah ditiru

foto: TikTok/@venithyacalistaa

Dia menekankan sebaiknya hanya menambahkan air panas tanpa tambahan kapur sirih atau garam.

"Gak perlu dikasih air garam atau air kapur sirih. Selama ini aku cuma pakai air mendidih dan nggak pernah gatel," paparnya.

Karena akan dikonsumsi sebagai isian minuman, dia pun memotong daging lidah buaya menjadi ukuran kotak kecil-kecil. Setelah dipotong, siram lagi daging lidah buaya dengan air mendidih. Rendam selama 20-30 menit. Ulangi proses tersebut hingga 3-4 kali.

Trik mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, mudah ditiru

foto: TikTok/@venithyacalistaa

Air panas sendiri sangat berguna untuk menghilangkan lendir yang menempel pada lidah buaya dengan mudah. Sehingga daging lidah buaya lebih aman untuk dikonsumsi tanpa menyebabkan gatal.

Nah, biar makin lezat, campur daging lidah buaya dengan air rebusan gula dan daun pandan. Wangi dari daun pandan ini bisa menyamarkan bau tak sedap dari daging lidah buaya, lho. Lebih lanjut, kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti es batu, irisan lemon, dan selasih.

"engga sama sekali.. malahan tawar garing2 gtu baunya jg jd ilang gr2 ku cuci trs.. jdnya wangi pandan lemon," jelasnya.

Trik mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, mudah ditiru

foto: TikTok/@venithyacalistaa

Ditonton lebih dari 2,4 juta kali, video tersebut sontak menarik perhatian warganet. Beberapa penghuni Tiktok lain pun terlihat tertarik untuk juga mengolah lidah buaya dengan cara tersebut.

"boleh di coba dechh di rumahku bnyak lidah buaya," kata akun TikTok/@emiiiiiiiii02.

"Makasih kak, selm ni aku di jus Akhirnya nemu resep baru buat minum obat ," ungkap akun TikTok/@tridindamustika25.

"makasih ya kak sudah banyak buat konten makanan yg bermanfaat. semoga sukses," tutur TikTok/@user3046sugardad.

"bahannya ada di halaman aq. cap cus bikin. tq infonya," ujar TikTok/@fransiscaarnold.

"knp hrs bikin si? kan jadi pengennn" tulis akun TikTok/@yrrlvv.

@venithyacalistaa Dulu aku gska lidah buaya, tp klo dbkin es gini pke lemon & gula pandan.. behh kalian wajib coba! segeer #masakdirumah #fyp #fypchallenge original sound - Venithya Calista - Bukan Veni Kalo Ga Yg Ijo-Ijo

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya