Cara mengolah sukun agar getahnya hilang dan makin manis

Cara mengolah sukun agar getahnya hilang dan makin manis
freepik.com

Brilio.net - Indonesia termasuk salah satu negara yang bisa ditumbuhi berbagai tanaman buah tropis. Kamu bisa menikmati aneka buah lezat setiap saat. Salah satunya sukun yang memiliki nama latin artocarpus altilis. Buah ini sekilas mirip nangka, tetapi sebenarnya keduanya berbeda, lho. Daging buah nangka berwarna kuning, sedangkan buah sukun punya warna cenderung putih dan teksturnya empuk.

Selain disenangi karena rasanya enak, banyak orang juga menyantap buah sukunkarena alasan kesehatan. Dilansir dari healthifyme.com, sukun mengandung antioksidan, serat, potassium, dan nutrisi lainnya. Jika sering dikonsumsi, sukun dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, dan lainnya.

Akan tetapi, meskipun termasuk buah, sukun tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Salah satu alasannya karena sukun mengandung getah dan rasanya kurang manis. Kamu pun perlu mengolahnya terlebih dahulu, misalnya menjadi gorengan, sayur berkuah, dan lainnya.

Usut punya usut, ternyata ada cara supaya sukun ketika diolah bisa manis dan getahnya hilang, nih. Trik ini dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Arif. Bahkan, dengan trik ini, Arif menjelaskan kalau buah sukun nantinya akan lebih creamy dan enak saat disantap.

"Jadi seperti itu gaes ya, cara menghilangkan getah pada sukun dan juga mengeluarkan rasa manis pada sukun," jelasnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya