Trik mengukus makanan pakai wajan, lebih cepat matang dan hemat gas

Trik mengukus makanan pakai wajan, lebih cepat matang dan hemat gas
TikTok/@silviayudm

Brilio.net - Ada banyak teknik memasak yang bisa kamu gunakan saat mengolah suatu bahan makanan. Yang sederhana dan sering digunakan banyak orang adalah teknik goreng, rebus, panggang, dan kukus. Namun, bagi kamu yang ingin menyajikan hidangan yang bebas minyak, teknik mengukus bisa jadi alternatif menarik.

Masakan dengan cara dikukus dipercaya lebih menyehatkan dibanding teknik masak lainnya. Karena kandungan gizi dan nutrisi pada makanan tidak ikut larut ataupun menghilang saat diolah. Selain itu, teknik satu ini juga terbilang cukup praktis dan jauh dari kata ribet.

Berbeda dengan cara merebus yang langsung mencelupkan bahan makanan ke air, mengukus hanya mengandalkan uap panas. Ada banyak olahan masakan yang bisa kamu buat dengan cara kukus. Mulai dari tempe, tahu, daging ayam, sapi, dan bahan makanan lainnya.

Selain panci, mengukus makanan bisa menggunakan dandang. Dandang adalah alat dapur yang berbentuk periuk besar yang biasanya terbuat dari aluminium. Dengan menggunakan alat satu ini, biasanya kamu harus mengisinya dengan banyak air agar uap yang dihasilkan juga lebih maksimal.

Selain itu, biasanya mengukus makanan dengan dandang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga bisa membuat gas lebih cepat habis. Ukurannya yang besar, membuat dandang cocok digunakan apabila kamu mengukus bahan makanan dalam jumlah yang banyak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya