Trik menyimpan daun pisang, tetap segar dan hijau selama 1 bulan

Trik menyimpan daun pisang, tetap segar dan hijau selama 1 bulan
foto: TikTok/@masakmakanmacak

Brilio.net - Meski kini sudah ada kertas maupun plastik untuk mengemas makanan, tapi daun pisang memang belum tergantikan. Sebab, saat hidangan dibungkus dengan daun pisang, aroma dan rasanya terasa jauh lebih nikmat. Bahkan, penggunaan daun pisang ini dinilai bermanfaat untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari indiatimes.com, menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan bisa jadi sumber antioksidan dan polifenol untuk tubuh. Kedua senyawa ini terbukti bisa mencegah berbagai penyakit mulai dari kanker, diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, daun pisang juga dianggap jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan bungkus kertas dan plastik. Di beberapa daerah, daun pisang cukup mudah ditemukan lantaran ditanam di pekarangan rumah. Pun, limbah dari daun pisang ini juga aman dan tidak mencemari lingkungan.

Tetapi, nggak semua orang memiliki pohon pisang di sekitar rumahnya. Sehingga, saat membutuhkan daun pisang, tak semua orang bisa langsung memetiknya. Banyak yang harus membeli di pasaran dan menyimpan stok daun pisang di rumah. Nah, penting untuk tahu cara menyimpan daun pisang biar nggak mudah membusuk dan berubah warna, nih.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya