Trik menyimpan kulit pangsit batagor yang sudah dicetak, bikin tak mudah lembek

Trik menyimpan kulit pangsit batagor yang sudah dicetak, bikin tak mudah lembek
YouTube/BAGUS GIRI

Brilio.net - Batagor merupakan makanan khas Bandung yang dibuat dari adonan bakso ikan tenggiri atau daging ayam. Adonan bakso tadi biasanya dijadikan isian kulit pangsit. Setelah diisi dengan adonan, pangsit pun dilipat hingga rapat supaya adonan batagor tidak mudah keluar.

Seperti melipat siomay dan dimsum pada umumnya, proses melipat kulit pangsit untuk batagor juga cukup mudah. Kamu tinggal memasukkan sedikit adonan batagor di bagian tengah pangsit, lalu tekuk sisi kanan dan kirinya. Hasil akhir dari kulitbatagor ini akan membentuk seperti kantung.

Sayangnya, setelah dicetak dan dibentuk, kulit pangsit bisa dengan mudah layu atau lembek. Hal ini biasanya terjadi ketika kulit pangsit yang sudah dicetak diletakkan begitu saja di atas meja atau dapur. Suhu hangat pada ruang terbuka ini mampu mengubah tekstur kulit pangsit yang semula kaku, jadi lebih lembek.

Kulit pangsit yang lentur ini tentu akan memengaruhi bentuknya ketika digoreng nanti. Tekstur kulit pangsit juga bisa jadi nggak renyah atau mudah lembek setelah digoreng. Selain itu, saat lembek, lipatan kulit pangsit biasanya akan mudah terlepas serta adonan batagor pun keluar.

Tapi jangan khawatir, ada sebuah trik untuk mencegah kulit pangsit batagor jadi lembek. Trik ini pernah dibagikan oleh seorang pedagang batagor melalui YouTube BAGUS GIRI.

"Yang kemarin komen, supaya kulitnya awet nih, tidak lembek, ini Bagus Giri bisikin caranya," ungkap BAGUS GIRI, dikutip BrilioFood pada Selasa (17/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya