Trik merebus daun singkong ini bikin warnanya tetap hijau segar

Trik merebus daun singkong ini bikin warnanya tetap hijau segar
foto: YouTube/Ulien kura ceria

Brilio.net - Di Indonesia, daun singkong kerap diolah menjadi berbagai macam menu sayuran, misalnya sayur bobor, tumis daun singkong, atau gulai. Selain dimasak dengan bumbu, daun singkong juga kerap dijadikan sebagai lalapan. Cara memasaknya sangat sederhana, daun singkong cukup direbus begitu saja dan bisa langsung disantap bersama sambal dan nasi putih.

Merebus daun singkong ini pada dasarnya jadi teknik dasar dari proses pengolahannya. Jadi sebelum siap dimasak dengan bumbu gulai, tumis, atau bobor, daun singkong harus direbus terlebih dahulu supaya teksturnya lebih empuk. Dengan begitu, daun singkong akan lebih mudah diolah dan cepat matang nantinya.

Namun merebus daun singkong ini nggak boleh sembarangan, lho. Pasalnya, daun singkong ini justru bisa alot jika direbus dengan metode yang kurang tepat. Nggak cuma itu, warna daun singkong yang semula hijau segar juga bisa berubah kehitaman.

Jika warnanya berubah, tentu daun singkong jadi tak menggugah selera saat disajikan nantinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui yang tepat saat merebus daun singkong ini. Hal ini tentu supaya hasil daun singkong benar-benar cantik, empuk, dan matang sempurna.

Salah satu pengguna YouTube dengan channel bernama Ulien kura ceria pernah membagikan cara merebus daun singkong yang biasa dilakukan. Dalam salah satu video yang diunggah, dia tidak hanya membagikan tutorial merebus daun singkong, namun juga trik yang harus dilakukan supaya daun singkong tetap hijau segar. Menurutnya, ada teknik khusus dan bahan dapur yang perlu ditambahkan dalam proses perebusan tersebut.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya