Trik merebus kangkung untuk urap supaya warna hijaunya tak luntur dan menghitam

Trik merebus kangkung untuk urap supaya warna hijaunya tak luntur dan menghitam
foto: YouTube/Pak Petut Family

Brilio.net - Kangkung jadi salah satu kondimen yang wajib ada pada menu urap sayur. Selain murah dan enak, sayur kangkung juga kaya akan gizi. Dilansir dari ncc.gov.ph, kangkung memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung penglihatan yang sehat, serta mengobati berbagai penyakit kulit.

Untuk mendapat manfaat tersebut, maka banyak orang memilih untuk menyantap sayuran hijau ini untuk menu makan sehari-hari. Termasuk mengonsumsinya dalam menu urap. Dan selayaknya sayur urap lain, kangkung ini harus direbus dulu sebelum siap dikonsumsi.

Merebus kangkung akan membuat teksturnya lebih lunak, sehingga akan mudah dikonsumsi nantinya. Walau prosesnya tampak simpel, namun sebenarnya merebus kangkung nggak boleh sembarangan, lho. Merebus kangkung sembarangan bisa membuat gizinya berkurang.

Salah satu tanda gizi kangkung mulai berkurang saat direbus adalah ketika warnanya berubah. Kangkung yang semula berwarna hijau segar bisa jadi hitam. Namun selain berubah warna, tekstur kangkung yang terlalu lunak juga menandakan gizi di dalamnya banyak yang terbuang akibat proses perebusan.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang biasa dilakukan oleh pengguna YouTube Pak Petut Family dalam merebus kangkung. Melalui salah satu unggahannya, dia menjelaskan tentang apa saja yang harus dilakukan supaya kangkung tetap hijau segar dan tak menghitam ketika direbus. Dengan begitu, gizi di dalam kangkung pun masih utuh.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya