Trik pilih kluwek untuk rawon agar tidak pahit dan aman dikonsumsi

Trik pilih kluwek untuk rawon agar tidak pahit dan aman dikonsumsi
YouTube/Chef Supri

Brilio.net - Salah satu kunci kelezatan makanan adalah karena dibuat dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Tak cuma semakin nikmat, sederet bumbu dan rempah pun dapat memberikan warna serta aroma yang khas.

Dari sekian banyak rempah yang biasa dipakai untuk masakan, salah satunya ada kluwek. Penyebutan kluwekini bisa jadi berbeda dari setiap daerah, ada yang menyebutnya kluwek, pangi, kepayang, dan lainnya.

Buah kluwek sendiri memiliki kulit keras seperti kemiri. Meskipun begitu, kluwek memiliki cita rasa lezat karena mengandung asam glutamat yang biasa terdapat pada bumbu penyedap masakan.

Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kluwek. Tak hanya untuk rawon, kluwek pun bisa dipakai sebagai bumbu nasi goreng, sop konro, pucung gabus, sambal, dan menu lainnya.

Meskipun begitu, menurut Prof Nuri Andarwulan, peneliti di Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (Seafast) Center, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPM University dilansir dari dikti.kemdikbud.go.id, kluwek mentah memiliki senyawa yang mengandung sianida yang sangat tinggi.

Belum lagi, jika kamu salah menggunakan kluwek yang masih muda, bisa membuat rasa masakan cenderung pahit, lho. Oleh karena itu, kamu harus selektif saat memilih kluwek sebagai bahan pembuatan rawon dan makanan lain. Selain baiknya didiamkan selama beberapa hari sebelum diolah, kamu juga harus mengetahui ciri-ciri kluwek yang berkualitas itu seperti apa.

Trik pilih kluwek untuk rawon agar tidak pahit dan aman dikonsumsi

foto: YouTube/Chef Supri

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya