Trik sederhana menyimpan kacang hijau biar tak bejamur dan bebas kutu, awet bertahun-tahun

Trik sederhana menyimpan kacang hijau biar tak bejamur dan bebas kutu, awet bertahun-tahun
YouTube/Mbok Jar

Brilio.net - Kacang hijau sering diolah jadi aneka hidangan lezat, terutama dessert atau camilan. Contohnya ada bubur kacang hijau, bolu, bakpia, onde-onde, roti, mageli, dan lainnya. Selain sekadar disantap jadi camilan, siapa sangka banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh kacang hijau untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari healthline.com, kacang hijau mengandung antioksidan, serat, mineral, protein, serta vitamin yang tinggi, sehingga bisa mencegah penyakit stroke, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah kolesterol jahat, menjaga kadar gula darah, dan lain-lain. Nggak heran kalau bahan makanan satu ini begitu digemari, kan?

Kacang hijau pun sering dijadikan stok, sehingga bisa dibuat saat tiba-tiba "ngidam" olahan kacang hijau. Tapi terkadang ada-ada saja tantangan saat menyimpan kacang hijau ini. Jika cara menyimpannya kurang benar, kacang hijau bisa-bisa berjamur atau bahkan muncul kutu-kutu kecil di sekitarnya, lho.

Biasanya, hal ini dikarenakan tempat untuk menyimpan kacang hijau masih terlalu lembap atau bisa jadi kacang hijau tersebut masih dalam kondisi kurang bersih. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena salah seorang warganet akrab disapa Mbok Jar punya rahasia agar stok kacang hijaumu bisa tetap awet bahkan hingga bertahun-tahun, lho. Cara menyimpan kacang hijau ini pun menurutnya sederhana banget pakai alat-alat yang ada di rumah.

"Sebenarnya bisa saja kacang hijau ditaruh kulkas, tapi untuk disimpan dalam waktu lama pasti akan memakan tempat," jelas Mbak Jar, dikutip BrilioFood dari YouTube Mbok Jar pada Rabu (1/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya