Trik simpel mengeluarkan biji cabai tanpa bikin tangan panas

Trik simpel mengeluarkan biji cabai tanpa bikin tangan panas
TikTok/@thebiggerchef

Brilio.net - Masakan pedas selalu bisa jadi primadona banyak orang. Bahkan tidak sedikit masakan dari beberapa daerah memiliki cita rasa pedas, lho. Misalnya rendang, oseng mercon, seblak, ayam taliwang, hingga bubur pedas sambas.

Untuk menambahkan cita rasa pedas tersebut, cabai selalu bisa jadi andalan. Berbagai jenis cabai pun digunakan, mulai dari cabai rawit, cabai keriting, cabai hijau, atau cabai merah besar. Walau kerap diandalkan untuk menambah rasa pedas, namun ada juga beberapa masakan yang hanya perlu bagian kulit cabainya saja, tanpa biji.

Hanya perlu bagian kulitnya, mau nggak mau bijinya harus dikeluarkan. Sayangnya mengeluarkan biji cabai ternyata bukan perkara mudah, nih. Sebagian orang menganggap cara paling ampuh mengeluarkan biji cabai adalah dengan langsung membelah cabai jadi dua, kan?

Padahal teknik tersebut punya konsekuensi. Yup, kalau kamu langsung membelah cabai jadi dua, kemudian bijinya mengenai kulit maupun tangan, bisa menimbulkan sensasi panas. Pasalnya, bijinya merupakan sumber utama 'pedas' dari sebuah cabai.

Nah, agar terhindar dari rasa panas tersebut, rupanya ada trik simpel yang bisa kamu terapkan saat hendak mengeluarkan biji cabai. Trik ini turut dibagikan oleh jebolan MasterChef Indonesia season 2, Ken Kurniawan Sutanto melalui akun TikTok pribadinya.

Menurut lansiran BrilioFood dari TikTok/@thebiggerchef pada Rabu (14/9), ada beberapa tahapan yang mesti kamu lakukan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya