Cara mudah masak beras merah, makin pulen, nggak keras, dan lebih enak

Cara mudah masak beras merah, makin pulen, nggak keras, dan lebih enak
TikTok/@rahimah_fitcoach

Brilio.net - Beras sering dipilih sebagai alternatif makanan pokok yang lebih sehat dibandingkan beras putih pada umumnya. Hal ini karena beras merah bisa jadi sumber karbohidrat kompleks. Berfungsi memberikan energi sekaligus serat untuk tubuh.

Dilansir dari healthline.com, beras merah mengandung protein dan serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid nasi merah dapat mengurangi peradangan serta melindungi tubuh dari risiko penyakit kronis.

Kalori dan jumlah gula yang cenderung lebih rendah juga membuat beras merah jadi pilihan menu diet. Tidak heran jika kemudian banyak orang mulai beralih mengonsumsi beras merah ketika ingin menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Bisa dibilang lebih sehat dibanding beras putih karena beras merah belum mengalami proses penggilingan sepenuhnya. Namun bagi sebagian orang, mengonsumsi nasi merah tidak seenak nasi putih lantaran teksturnya cenderung keras.

Padahal jika mengetahui cara memasak beras merah dengan benar, nasi yang dihasilkan akan lebih pulen dan enak, lho. Akun TikTok milik akun @rahimah_fitcoach membeberkan cara memasak beras merah supaya lebih pulen, tidak keras, dan legit.

Pada video tersebut, akun @rahimah_fitcoach cukup menambahkan satu bahan saat memasak beras merah.

Cara mudah masak beras merah, makin pulen, nggak keras, dan lebih enak

foto: TikTok/@rahimah_fitcoach

Cara memasak beras merah yang dilakukannya pada dasarnya tidak jauh berbeda seperti menanak nasi di rice cooker. Pertama, cuci bersih beras merah yang akan dimasak. Setelah itu masukkan ke rice cooker.

Tambahkan air matang seperti memasak nasipada umumnya. Triknya adalah dengan menambahkan takaran air saat memasak beras karena teksturnya yang cenderung keras. Nah, lanjut deh masukkan sedikit agar-agar plain. Jika beras yang dimasak cenderung sedikit, cukup satu sendok teh agar-agar plain.

Cara mudah masak beras merah, makin pulen, nggak keras, dan lebih enak

foto: TikTok/@rahimah_fitcoach

Jangan lupa aduk-aduk hingga rata. Setelah diaduk, masak nasi seperti biasa menggunakan rice cooker. Agar-agar ini sendiri berfungsi untuk membuat beras merah jadi lebih basah dan pulen. Sehingga rasa nasi merah yang dihasilkan juga makin enak dan legit.

Dia turut menjelaskan fungsi penggunaan beras merah yang lebih menyehatkan dibandingkan beras putih. Kadar glikemik yang rendah membuat nasi merah jadi makanan pokok bagi penderita diabetes.

"Seratnya lbh tinggi dan GI nya rendah " jelas akun TikTok/@rahimah_fitcoach.

Cara mudah masak beras merah, makin pulen, nggak keras, dan lebih enak

foto: TikTok/@rahimah_fitcoach

Ditonton lebih dari dua ribu kali, video ini pun turut mendapat perhatian warganet. Ada yang merasa mendapat ilmu baru sehingga bisa diterapkan di keseharian.

"terimakasih ilmunya ," ungkap akun TikTok/@scorpior_19, dilansir BrilioFood dari TikTok/@rahimah_fitcoach pada Jumat (15/7).

Ada pula warganet yang memberikan saran lain kalau mau bikin nasi merah jadi pulen.

"ak kl msak tk rendam dlu,,jd bs lembek," pungkas akun TikTok/@bundaearrinza

"klo di kukus pake panci lebih mekar lg bu," tulis akun TikTok/@cumasakanrumahan dalam komentar.

@rahimah_fitcoach Bagi yg gak suka nasi merah, semoga membantu #coachrahimah #fyps #fypsounds Full Senyum Sayang - Evan Loss

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya