15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya

15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya

Techno.id -

Salah satu software yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan adalah Microsoft Excel. Platform tersebut merupakan spreadsheet populer dikalangan para pekerja maupun mahasiswa yang diandalkan untuk mengolah data. Bahkan dengan Excel ribuan data dapat diolah dengan cepat dan praktis.

Software yang dikembangkan oleh Microsoft ini mempunyai berbagai fitur untuk olah data. Bagi para akuntan maupun pekerja administrasi sangat dibantukan dengan aplikasi ini. Namun tentu untuk para pemula menggunakan Excel tentu cukup membingungkan. Karena ada banyak fitur tools, rumus, dan fungsi yang dapat digunakan.

Untuk kamu para pengguna Microsoft Excel pemula tak perlu khawatir. Kali ini techno.id akan memberikan 15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel untuk berbagai pekerjaan yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (1/7). Yuk simak sampai habis cara-cara berikut ini.

1. Satu klik untuk pilih semua.

Biasanya pengguna memilih Ctrl+A untuk pintasan agar kolom Excel terpilih semua. Namun selain menggunakan metode tersebut, terdapat cara lebih praktis dengan menggunakan satu klik tombol pada bagian sudut kiri atas cells.

2. Berpindah file.

Pengguna Excel memungkinkan membuka banyak spreadsheet secara bersamaan. Namun kadang saat berpindah antara satu file ke file lain cukup memakan waktu lama. Bahkan terdapat kemungkinan untuk pengguna mengerjakan lembar yang salah. Untuk mengatasinya pengguna hanya perlu menekan Ctrl + Tab agar mudah untuk beralih di antara berbagai file berbeda secara cepat.

3. Cepat hapus Cell tak terpakai.

15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya

foto: pixabay.com

Pengguna dapat menghapus cell kosong pada data default. Terlebih dengan menghapus cells kosong dapat meningkat akurasi perhitungan nilai rata-rata. Pengguna cukup membuka Data kemudian klik Filter, setelah tombol bawah muncul batalkan Select All dan pilih Blacks. Kemudian sel kosong akan dimunculkan dan klik Hapus secara langsung.

4. Pindahkan data dari baris ke kolom.

Fitur Transpose ini dapat digunakan untuk mentransfer data dengan tampilan lebih baik. Namun cara manual tidak dapat bekerja secara efektif bahkan menyusahkan. Untuk cara mudahnya pengguna dapat menyalin area yang ingin di transpose, kemudian pindahkan ke cells kosong lainnya. Setelah itu buka menu Home-Paste-Transpose.

5. Memunculkan angka 0.

Saat memasukan data dengan angka awalan Nol, secara otomatis Excel akan menghapus angkat tersebut. Oleh karena itu pengguna perlu melakukan Cell Format agar angka Nol tetap muncul. Untuk memudahkannya pengguna cukup menambahkan tanda petik satu di depan angka nol.

6. Menyembunyikan data.

Cara paling mudah untuk menyembunyikan data adalah dengan menggunakan fungsi Format Cell. Cara cukup pergi ke menu Home kemudian pilih Front->Open Format Cells->Number Tab-> Costum-> ketikan ;;; -> lalu klik Ok. Dengan langkah tersebut semua nilai tidak akan terlihat, dan hanya ditemukan pada area pratinjau pada sebelah tombol fungsi.

7. Navigasi cepat.

Agar navigasi pengguna lebih cepat pengguna cukup menekan Ctrl + tombol panah. Silakan untuk menggerakan tombol panah sesuai dengan kebutuhan, baik kanan, kiri, maupun atas.

8. Menambahkan garis diagonal ke Cells.

15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya

foto: pixabay.com

Excel bisa digunakan untuk membuat sebuah daftar tertentu. Namun saat membuatnya pengguna perlu garis diagonal di dalam cells pertama untuk memisahkan atribut baris dan kolom yang berbeda. Untuk membuatnya pengguna bisa memilih opsi Home -> Font -> Borders. Terdapat berbagai opsi garis dengan menggunakan opsi More Borders.

9. Menambahkan lebih dari satu baris ke kolom.

Pengguna bisa menambah sebuah baris ke kolom yang diperlukan. Caranya cukup dengan menyeret dan milih X baris atau kolom apabila ingin menambahkan X baris atau kolom di atas maupun kiri. Setelah itu klik kanan pada baris atau kolom yang disorot dan pilih sisipkan dari menu drag-down.

10. Memindahkan dan menyalin data dengan cepat.

Cara cepat memindahkan kolom data dalam sheet yang dikerjakan adalah dengan memilihkan dan memindahkan pointer ke border. Setelah berubah menjadi tanda silang, drag agar memindahkan kolom ke tempat yang dituju. Untuk menyalinnya pengguna cukup menekan Ctrl sebelum drag untuk bergerak ke kolom baru.

11. Mengatur area cetak pada sheet.

Cara mengatur area cetak cukup dengan sorot cells yang ingin dicetak. Kemudian pada Page Layout silakan klik drop-down di bawah Print Area dan pilih Set Print Area.

12. Ganti nama Sheet menggunakan Double Click.

Untuk merubah nama Sheet agar mudah dicari sebelum melakukan pekerjaan lembar kerja. Cara cukup dengan mengklik dua kali kemudian pengguna langsung dapat mengganti namanya.

13. Mengurutkan data.

15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya

foto: pixabay.com

Mengurutkan data pada sheet Excel dengan data besar dapat menjadi pekerjaan yang membosankan. Namun terdapat sebuah fitur untuk mengurutkan data pada menu utama. Pengguna cukup membuka Tab Data kemudian opsi Urutkan dan Filter.

14. Membuat grafik.

Dengan gambar grafik tertentu pengguna dapat dengan mudah membaca sebuah data yang ada. Terlebih data tersebut akan dipresentasikan ke audiens. Untuk membuat gambar grafik tersebut pengguna dapat melakukan cara sorot data yang diperlukan kemudian buka Tab, pilih opsi Sisipkan. Setelah itu pilih grafis yang akan digunakan.

15. Menyimpan file.

Setelah lembar pekerjaan pada sebuah Excel selesai, pengguna bisa menyimpan file tersebut ke perangkat yang digunakan. Pengguna bisa mengkil Ctrl + S untuk menyimpan file. Pilih Save As apabila file tersebut baru pertama kali dibuat. Kemudian ketikkan nama file sesuai kebutuhan. Selain itu pengguna dapat menyimpan file dengan format berbeda.


(brl/guf)