5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Siapa yang tak kenal kopi? Minuman satu ini selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua.

Di Indonesia, budaya minum kopi sudah sangat lumrah. Penjaja kopi bisa dilihat di berbagai sudut daerah. Dari pedagang keliling, warung pinggir jalan, hingga kedai kopi kekinian menjamur di mana-mana.

Seiring dengan perkembangan dunia kuliner, sajian kopi juga makin beragam. Banyak kreasi diciptakan untuk menghadirkan minuman kopi dengan citarasa yang mantap.

Kini ada berbagai macam kreasi varian kopi, mulai dari yang menggunakan tambahan susu, cokelat, hingga krim. Cara pembuatannya pun kian beragam. Mulai dari cara yang paling rumit menggunakan alat tertentu hingga paling sederhana yakni dengan kopi sachet.

Meski kamu bisa menikmati kreasi kopi kekinian di kafe-kafe yang tersebar di setiap sudut kota, kini kamu bisa membuat sendiri racikan kopi layaknya seorang barista profesional, lho. Selain lebih hemat, kamu juga bisa membuatnya sesuai seleramu. Tenang aja, cara membuatnya nggak ribet kok.

Mau tahu caranya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/8), lima kreasi kopi ala kafe yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

1. Cold Brew.

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap

foto: shutterstock.com

Banyak cara untuk menikmati kopi, salah satunya yang saat ini sedang ngetren adalah dengan teknik cold brew. Cold brew adalah teknik menyeduh kopi hitam dengan air dingin atau air suhu ruangan selama lebih kurang 12-24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal.

Teknik cold brew ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang lebih pekat, sehingga menghasilkan rasa dan aroma kopi yang lebih halus, juga manis.

Tahu nggak sih, untuk menikmati kreasi kopi dengan teknik cold brew, kamu nggak harus pergi ke kafe lho. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya juga terbilang cukup mudah kok, yakni dengan rendam bubuk kopi favoritmu di gelas dengan menggunakan air dingin, diamkan selama 12 jam atau lebih di dalam lemari es. Setelah itu saring kopi.

Kamu bisa menikmati kopi dengan langsung diminum sebagai kopi hitam atau juga bisa ditambahkan susu, gula atau krimer. Kreasi kopi ini cocok untuk dinikmati saat cuaca panas nih, guys.

2. Kopi susu.

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap

foto: shutterstock.com

Belakangan ini sajian kopi susu tengah populer di Tanah Air. Hampir semua kafe menyediakan menu kopi kekinian ini. Bahkan tak sedikit kafe yang menyediakan kopi susu sebagai minuman andalannya.

Nah, buat kamu yang menyukai kreasi kopi susu nggak perlu ribet lagi nih. Kini kopi susu senikmat buatan barista kafe bisa kamu bikin sendiri di rumah. Soalnya sudah ada Top Coffee Susu nih, guys.

Top Coffee Susu hadir dengan biji kopi premium Robusta dan Arabika yang diolah secara modern dengan campuran susu dan gula untuk menghasilkan secangkir Top Coffee Susu beraroma dan bercitarasa mantap. Dengan citarasa yang begitu nikmat, Top Coffee Susu pas banget dijadikan teman saat kumpul bareng teman atau saudara. Eits, nggak cuma itu. Top Coffee Susu juga cocok jadi teman mencari inspirasi lho. Top Coffee Susu, Enaknya Menginspirasi.

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap


3. Avocado Coffee.

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap

foto: shutterstock.com

Kopi nggak cuma nikmat kala dihidangkan dengan krim atau gula. Kopi juga lezat dinikmati bersama buah. Salah satunya adalah alpukat. Sensasi creamy yang terdapat pada alpukat, begitu sempurna saat bertemu dengan kopi. Nggak heran kreasi minuman ini harganya terbilang cukup mahal.

Nah, kamu bisa membuat kopi alpukat ini di rumah. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, siapkan jus alpukat dalam gelas. Lalu tuang kopi yang sudah diseduh dengan sedikit air panas ke atas jus alpukat. Kamu juga bisa menambahkan es krim. Menu racikan kopi ini cocok diminum di siang hari yang terik. Kebayang kan, segarnya?

4. Espresso Chill.

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap

foto: shutterstock.com

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Minuman ini biasanya menjadi favorit para penggemar kopi dengan rasa otentik.

Espresso sendiri berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan segera kepada pelanggan. Espresso Chill adalah salah satu olahan dasar kopi espresso asli.

Nah, kamu bisa membuat kopi Espresso Chill nikmat ala Italia sendiri di rumah lho. Caranya, blender kopi, air dingin, es batu dan gula sesuai selera. Jika sudah halus dan tercampur rata, tuang ke dalam cangkir. Espresso Chill ala kamu siap dinikmati.

5. Moccacino.

5 Kreasi kopi ala kafe ini bisa kamu bikin sendiri, citarasa mantap

foto: shutterstock.com

Moccacino merupakan sajian minuman yang menggabungkan kopi dan cokelat. Kreasi minuman ini cenderung digemari kaum Hawa karena tidak meninggalkan sensasi pahit kopi dan citarasanya cenderung manis.

Minuman ini terbuat dari campuran kopi hitam, susu, dan cokelat. Kreasi ini membuat moccacino jadi minuman populer di banyak kafe. Namun kamu nggak harus selalu ngafe kalau mau menikmati moccacino. Yuk, coba bikin sendiri!

Cara membuatnya, kamu bisa berkreasi dengan Top Coffee Susu yang sudah dilarutkan dengan sedikit air panas. Kemudian masukkan lelehan dark chocolate dalam gelas. Sajikan dengan whipped cream sebagai toppingnya agar lebih nikmat.

Nah, itu tadi kreasi kopi ala kafe yang bisa kamu bikin sendiri di rumah, guys. Praktis bukan? Dengan berkreasi sendiri, kamu jadi nggak gampang bosen saat ingin menyeruput segelas kopi. Selain itu kamu juga nggak perlu ribet harus pergi ke kafe. Selamat mencoba, Sobat Brilio.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya