6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

Brilio.net - Kawasan Asia Tenggara memang sudah terkenal sebagai daerah yang mempunyai kuliner dengan cita rasa tinggi dan beragam. Tidak sedikit yang menganggap jika Asia Tenggara merupakan salah satu surga kuliner.

Pilihan kuliner makanan kaya akan bumbu dan rempah-rempah dapat dengan mudah ditemukan di kawasan yang terdiri dari 11 negara ini. Tak hanya makanannya saja, negara-negara di Asia Tenggara juga mempunyai berbagai jenis minuman khas yang segar dan unik.

Bahkan beberapa di antaranya ada juga yang termasuk dalam kuliner ekstrem karena bahan campuran yang digunakan. Namun hal ini tidak mengurangi kenikmatan dari minuman-minuman unik tersebut.

Apa sajakah minuman-minuman unik itu? Berikut daftar 6 minuman unik di Asia Tenggara yang sudah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, (12/4).

1. Oliang, Thailand.

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

foto: eatwalktalktour.com

Masyarakat Thailand memiliki cara unik dalam menikmati kopi. Mereka menambahkan rempah dan biji-bijian sebagai campuran kopinya yang biasa disebut dengan Oliang. Rempah dan biji-bijian dalam kopi ini terdiri dari kapulaga, biji wijen, sari beras, sari kedelai dan sari jagung sebagai pemanis alami. Minuman ini akan semakin nikmat dengan tambahan susu kental manis.

2. Halo Halo, Filipina.

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

foto: dessert-addict.com

Baik dari nama dan tampilannya, keduanya bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nama minuman ini sama seperti sapaan yang digunakan orang Indonesia. Sedangkan tampilannya sekilas mirip seperti es campur di Indonesia. Namun yang membedakan Halo Halo dengan es campur terdapat pada isiannya. Di mana Halo Halo lebih cenderung didominasi oleh buah-buahan seperti nangka, nira, pisang dan daging kelapa. Minuman ini menjadi unik karena adanya tambahan lain seperti sagu, ketan, jagung, susu kental manis dan es krim.

3. Kopi Cino, Singapura.

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

foto: burpple.com

Sebenarnya kopi yang berasal dari satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara ini tampilannya sama seperti kopi latte pada umumnya. Akan tetapi yang membedakan dan membuatnya unik adalah penggunaan mentega dalam campurannya. Di mana mentega ditambahkan saat bubuk kopi telah diseduh ke dalam campuran air panas dan susu, yang kemudian diaduk kencang sebelum dituang ke dalam cangkir. Cara penyajian ini akan menghasilkan tampilan dua lapisan, yaitu susu di bagian bawah dan kopi di bagian atas.

4. Lao Lao, Vietnam.

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

foto: khiri.com

Lao Lao merupakan minuman yang termasuk dalam kategori kuliner ekstrem. Bagaimana tidak? Minuman yang merupakan whisky khas Vietnam ini menambahkan jenis reptil melata dan serangga yang sudah diawetkan sebelumnya dalam proses fermentasi agar menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat. Minuman ini memiliki kandungan alkohol sebesar 40 persen dan biasanya juga dijadikan sebagai penyedap beberapa masakan khas Vietnam. Minuman unik ini hanya diproduksi oleh warga di sebuah desa Ban Xang Hai di pinggiran Sungai Mekong.

5. Air Mata Kucing, Malaysia.

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

foto: butterkicap.com

Cikal bakal nama minuman unik dari Negeri Jiran ini berasal dari bahan campuran berupa irisan-irisan buah lengkeng yang sudah dikeringkan di dalamnya. Menurut sejarah setempat, buah lengkeng dalam bahasa Malysia berarti air mata kuding karena biji buah lengkeng yang hitam dengan daging buahnya yang putih dianggap mirip dengan mata kucing. Selain irisan buah lengkeng, bahan campuran minuman unik ini juga terdiri buah kundur, gula, air dan lo han kuo yang merupakan sejenis buah rambat asal China.

6. Kopi Joss, Indonesia.

6 Minuman unik di Asia Tenggara, sudah pernah coba yang mana?

foto: wisatapedi.com

Kali ini datang dari Indonesia. Penyajian minuman kopi ini sangat unik karena menggunakan arang menyala sebagai campurannya. Nama kopi unik yang banyak ditemukan di Yogyakarta ini sebenarnya berawal dari komentar para pelanggan yang mengatakan bahwa kenikmatan kopi tersebut terasa ngejoss dan lama kelamaan kopi buatan Lek Man ini disebut kopi joss.

(brl/del)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya