12 Resep semur jengkol yang empuk, nikmat, dan menggugah selera

12 Resep semur jengkol yang empuk, nikmat, dan menggugah selera
foto: Instagram/@detim16; Instagram/@noviria13

Brilio.net - Semur merupakan salah satu hidangan yang familiar di lidah orang Indonesia. Semur juga memiliki cita rasa yang kuat dari bermacam-macam rempah di dalamnya.

Memasak semur biasanya menggunakan bumbu rempah yang terdiri dari, kemiri, jinten, pala, ketumbar, kayu manis, jahe, cengkeh, dan lain sebagainya. Selain itu juga, biasanya untuk menambah cita rasa yang manis kamu bisa menambahkan kecap atau gula merah.

Seiring berjalannya waktu, banyak kreasi yang dihasilkan dari olahan semur. Tak melulu menggunakan daging saja. Kamu juga bisa mengolah semur dengan bahan lain, salah satunya jengkol.

Terlepas dari baunya yang kurang sedap, semur jengkol tetap menggoda bagi para penggemarnya. Sensasi rasa jengkol yang legit, manis, dan pahitnya, serta tekstur yang empuk, membuat jengkol disukai banyak orang. Apalagi jika kamu mengolah jengkol dengan cara disemur, wah ... sudah tentu kenikmatan akan bertambah.

Banyak versi dalam pengolahan jengkol agar empuk dan tidak bau. Ada yang merendamnya terlebih dahulu sebelum dimasak, ada orang yang merebus jengkol dengan air cucian beras, ada yang merebus jengkol dengan berbagai rempah-rempah, dan masih banyak versi lainnya.

Bagi kamu yang ingin menikmati semur jengkol yang empuk, nikmat, dan pastinya menggugah selera makan, bisa mencoba beberapa resep yang dilansir oleh BrilioFood dari berbagai sumber, Rabu (8/3).

Magang: Mas Noviani

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya