15 Resep menu sahur untuk penderita diabetes, enak, praktis, dan sehat

15 Resep menu sahur untuk penderita diabetes, enak, praktis, dan sehat
foto: Instagram/@guniezzt dan Instagram/@dianks7

Brilio.net - Demi menjaga kesehatan tubuh, pastinya banyak orang yang sangat selektif dalam memilih makanan. Apalagi jika memiliki penyakit tertentu, seperti penderita diabetes. Seperti diketahui, bagi penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari sejumlah makanan tinggi kandungan gula agar penyakitnya tidak kambuh.

Seperti dilansir oleh healthline.com, makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes biasanya mengandung nitrat, indeks glikemiks rendah, serta tinggi protein dan serat. Salah satunya adalah sayur-sayuran. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi sayuran memang sangat baik untuk kesehatan. Apalagi saat di bulan Ramadhan.

Dengan menjaga asupan makanan, penderita diabetes bisa dengan aman dan nyaman dalam menjalankan puasa. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan asupan makanan saat santap sahur maupun buka puasa. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi bisa jadi sumber energi utama selama menjalankan puasa seharian penuh.

Contoh sayuran yang baik dikonsumsi adalah bayam, kale, dan selada yang tinggi serat untuk membantu mengontrol gula darah pada tubuh. Deretan sayuran tersebut bisa diolah jadi menu sahur yang sehat, enak, dan aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Cara mengolah berbagai sayuran dan bahan makanan lainnya untuk menu sahur pun simpel dan gampang banget.

Selain asupan makanan, penderita diabetes juga perlu disiplin dalam mengatur jam makan dan olahraga. Dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Kamis (7/4), berikut 15 resep menu sahur untuk penderita diabetes yang enak, praktis, dan tentunya sehat.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya