3 Menu potluck meal ini enak dan mudah dibuat, cocok buat arisan

25 / 08 / 2021 18:40 WIB Yani Andriansyah
3 Menu potluck meal ini enak dan mudah dibuat, cocok buat arisan
Istimewa

Brilio.net - Memiliki hubungan harmonis dengan keluarga, teman, tetangga atau rekan kerja adalah anugerah terindah, terlebih di masa sulit seperti sekarang. Banyak cara merawat kedekatan dengan kerabat atau sanak famili.

Bisa dengan makan bersama, traveling, atau bisa juga dengan kegiatan yang lazim dilakukan banyak orang Indonesia, salah satunya arisan. Maklum arisan telah menjadi salah satu aktivitas kebersamaan untuk memperkuat ikatan dengan orang terdekat. Saat arisan, tuan rumah biasanya menyiapkan beberapa makanan. Lalu peserta lainnya membawa potluck meal untuk dinikmati bersama.

Ragam hidangan yang tersedia saat arisan seperti camilan, makanan utama, hingga makanan penutup tentu akan membuat suasana arisan semakin cair. Namun di tengah keadaan dan situasi sepeeti sekarang, kita dianjurkan menerapkan social distancing. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa mendapat keseruan arisan. Tinggal dibuat virtual. Gampang kan?

Selanjutnya kamu bisa saling bertukar potluck untuk dinikmati saat arisan atau nongkrong virtual berlangsung. Meski nggak bertatap muka, kamu bisa ngumpul dan menikmati hidangan favorit dari teman-teman. Nggak usah bingung untuk bikin menu potluck bareng teman-teman. Berikut tiga menu yang bisa kamu coba dan mudah dibuat di rumah.

1. Nasi goreng tom yam

3 Menu potluck meal ini enak dan mudah dibuat, cocok buat arisan instagram/@raffieyusoff

Sudah menjadi kelaziman jika nasi goring menjadi salah satu sajian favorit banyak orang. Nah jika pengen kasih kejutan menu potluck spesial buat teman, kamu bisa coba buat nasi goreng bumbu tom yam. Bumbu tom yam atau sambal siap pakai menjadi kunci nikmatnya nasi goreng ala Thailand ini.

Untuk memperkaya rasa, tambahkan kurang lebih 2 sdm Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special sehingga nasi goreng tom yam buatanmu memiliki citarasa gurih, pedas, dan manis yang pas.

2. Steak ayam semur

3 Menu potluck meal ini enak dan mudah dibuat, cocok buat arisan instagram/@yulichia88

Bayangkan hidangan steak dan semur. Penggabungan citarasa yang sempurna, bukan? Pada dasarnya semur sendiri merupakan makanan hasil akulturasi tiga bangsa yakni Indonesia, China, dan Belanda.

Bumbu rempah pilihan dan kecap jadi unsur penting dalam olahan bumbu semur yang nantinya akan menjadi saus steak ayam. Karena itu menggunakan kecap spesial yang berbahan dasar kedelai hitam terbaik jadi hal yang wajib agar steak saus semur yang kamu sajikan lezat dan menggugah selera.

3. Ayam panggang teriyaki

3 Menu potluck meal ini enak dan mudah dibuat, cocok buat arisan instagram/@akmarwanjamal

Siapa, sih, yang bisa nolak ayam panggang saat arisan pas jam makan siang? Selain rasanya yang lezat, ayam panggang juga mudah sekali dibuat. Kamu bisa pakai bumbu dasar merah, kuning, ataupun bumbu kecap untuk membuat ayam bakar.

Nah, biar anti mainstream, kamu bisa membuat ayam panggang dengan bumbu teriyaki yang enak, gampang dan semua pasti suka. Nggak banyak yang tahu, rahasia ayam panggang teriyaki ala resto terletak pada bumbu ngohiong atau bumbu lima rasa (asin, asam, pahit, manis dan pedas).

Tambahkan kecap saat proses marinasi bersama dengan bumbu lainnya. Karena terbuat dari kedelai hitam spesial yang benar-benar hitam, cukup pakai sedikit aja ayam panggang menjadi cokelat caramelized yang perfect abis!

Itu taditiga menu potluck meal yang bisa kamu berikan untuk teman-teman saat menjalin kebersamaan atau arisan secara virtual. Dengan mengirim potluck meal ke teman, saudara atau orang terdekat, pandemi tidak mengurangi hangatnya persahabatan dan persaudaraan. Selamat mencoba!

(brl/red)
SELENGKAPNYA

Video

  • Siomay Bandung

    01 / 09 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA