Cara membuat seblak kering, camilan pedas bikin susah berhenti makan

Cara membuat seblak kering, camilan pedas bikin susah berhenti makan
foto: Instagram/@wawawiati

Brilio.net - Kalau biasanya seblak disajikan basah dengan kuah panas, maka berbeda dengan seblak satu ini. Seblak satu ini bisa jadi camilan yang awet disimpan berhari-hari di toples. Apalagi kalau bukan seblak kering. Sesuai namanya, seblak satu ini disajikan tanpa kuah.

Disajikan dengan taburan bubuk cabai, seblak satu ini auto bikin susah berhenti ngunyah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut resep lengkapnya, dilansir BrilioFood dari akun Instagram @wawawiati.

Cara membuat seblak kering, camilan pedas bikin susah berhenti makan

foto: Instagram/@wawawiati

Bahan:
- 500 gr kerupuk mentah
- 5 siung bawang putih diiris tipis
- 1 ruas jari kencur diiris tipis
- 8 lembar daun jeruk diiris tipis
- 1/2 sdt kaldu bubuk atau secukupnya
- 2 bungkus cabai bubuk merek apa saja
- Secukupnya minyak untuk merendam sekaligus menggoreng kerupuk (kurang lebih 1 liter)

Cara membuat:
1. Masukkan kerupuk ke dalam wajan yang agak besar. Tuang minyak secukupnya sampai kerupuk terendam. Rendam kerupuk dengan minyak selama 20-30 menit.
2. Sementara itu goreng semua bumbu iris dengan api kecil sampai kering dan harum. Tiriskan. Setelah dingin haluskan, boleh diulek atau diblender. Campur rata dengan bubuk cabai dan kaldu bubuk. Sisihkan.
3. Taruh wajan yang berisi minyak dan kerupuk di atas kompor. Nyalakan api. Gunakan api kecil kalau suka kerupuk yang benar-benar bantat dan keras. Gunakan api agak besar kalau suka kerupuknya agak ngembang dan nggak terlalu bantet.
4. Goreng kerupuk sampai mengambang semua, aduk-aduk sebentar lalu angkat dan tiriskan.
5. Setelah dingin, masukkan kerupuk ke dalam wadah yang bisa ditutup rapat. Taburi dengan bumbu yang telah dihaluskan. Kocok supaya tercampur rata.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA